Rabu, 06 Okt 2021 11:59 WIB

Makin Terkendali! Zona Oranye COVID-19 RI Sisa 2 Wilayah, Nihil Zona Merah

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
DKI Jakarta sudah mulai menyuntikkan vaksin COVID-19 jenis Pfizer, salah satunya bisa dilakukan di BPSDM Kemenkes.  Seperti apa suasananya? Perkembangan COVID-19 di Indonesia berangsur membaik. (Foto: Andhika Prasetya)
Jakarta -

Perkembangan COVID-19 di Indonesia berangsur membaik dari hari ke hari. Kasus positif Corona turun hingga 34,6 persen jika dibandingkan dengan minggu lalu.

"Seperti yang kita ketahui bahwa kasus COVID-19 terus mengalami penurunan setiap minggunya. Minggu ini menandakan penurunan kasus selama 11 minggu setelah lonjakan kasus kedua pada Juli lalu," kata Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, dalam konferensi pers, Selasa (5/10/2021).

Penurunan kasus ini juga berdampak pada perubahan zona penularan virus Corona di Indonesia. Berdasarkan update terbaru data covid19.go.id per 3 Oktober, wilayah yang masuk ke dalam zona oranye COVID-19 atau zona risiko sedang hanya tersisa 2 kabupaten-kota.

Sebagian besar wilayah Indonesia masuk ke dalam zona kuning COVID-19 atau zona risiko rendah. Tercatat ada 508 kabupaten-kota yang masuk ke dalam zona kuning.

Terhitung dari 19 September 2021 sampai saat ini, tak ada wilayah Indonesia yang masuk ke dalam zona merah COVID-19.

Ini daftar zona oranye COVID-19:

Kalimantan Utara:

  • Bulungan.

Aceh:

  • Aceh Timur.

Adapun wilayah Indonesia yang masuk ke dalam zona hijau COVID-19. Artinya, tidak ada penambahan kasus dalam 4 minggu terakhir dan angka kesembuhan di atas 95 persen.

Ini daftar zona hijau COVID-19:

Papua Barat:

  • Pegunungan Arfak
  • Manokwari Selatan.

Papua:

  • Intan Jaya.

Maluku:

  • Kota Tual.


Simak Video "WFH di Zona Merah Jadi 75%, Pekerja Dilarang Lintas Daerah!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)