Rabu, 06 Okt 2021 15:03 WIB

Stop Naik Motor Sambil Merokok! Ini Bahaya Jika Bara-Abunya Kena Mata

Ayunda Septiani - detikHealth
Merokok di Sepeda Motor Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Rangga Rahardiansyah)
Jakarta -

Belum lama ini viral seorang pengendara motor curhat di media sosial yang matanya tak sengaja terkena abu bara rokok oleh pengendara lainnya.

Pengendara motor tersebut adalah Firda, ia sangat geram dengan kejadian yang menimpa dirinya. Sebab, matanya mendadak menjadi perih dan susah untuk dibuka saat terkena abu bara rokok.

Merokok saat berkendara mungkin masih dianggap sepele oleh sebagian. Padahal, ini sangat penting lho guna untuk melindungi keselamatan dan kenyamanan orang lain saat berkendara.

Seberapa bahaya abu rokok jika kena mata?

Beberapa waktu lalu dokter spesialis mata dari Eka Hospital Pekanbaru, dr Surya Utama, SpM menyebutkan paparan dari bara api rokok terhadap mata memang bisa menimbulkan berbagai macam efek.

Hal ini bergantung pada seberapa luas dan dalam kerusakan akibat paparan yang mengenai kornea mata.

"Efek mata terkena bara api rokok dapat menimbulkan kerusakan kornea mata yang disebut sebagai trauma thermis. Kondisi ini bisa berupa derajat yang ringan berupa pandangan mata kabur dan merah, hingga derajat berat berupa kebutaan," tutur dr Surya.

Selain itu, derajat kerusakan pada kornea bergantung kepada kedalaman luka pada kornea. Seperti diketahui, selain efek panas bara api, perlu diperhatikan juga efek kecepatan dari bara api tersebut, terutama jika pengendara yang naik sepeda motor.

Firda pun berpesan kepada pengendara di jalanan jangan merokok sambil berkendara karena hal tersebut bisa membahayakan bagi orang lain.



Simak Video "Dukungan Orang Terdekat Jadi Upaya Terbaik untuk Berhenti Merokok"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)