Chicco Jerikho Sempat Kritis karena Sepsis, Ini Kemungkinan Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Chicco Jerikho Sempat Kritis karena Sepsis, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 09 Okt 2021 21:14 WIB
Chicco Jerikho
Foto: Instagram @chicco.jerikho Verified
Jakarta -

Aktor Chicco Jerikho bercerita pengalaman saat dirinya dirawat di rumah sakit (RS) karena sepsis. Kala itu kondisinya tiba-tiba saja memburuk dengan gejala demam tinggi dan sesak di dada.

Begitu tiba di RS, Chicco mengaku menjalani pemeriksaan untuk seluruh organ tubuh. Sampai akhirnya dokter mendiagnosis Chicco mengalami sepsis.

"Dokter yang menangani gue saat itu ada 3 dokter spesialist, spesialist jantung, anastesi dan spesialis penyakit dalam. Setelah dilakukan pengecekan, Dokter mendiagnosis ada infeksi virus (sepsis). Itu yang bikin badan gue drop dalam waktu cepat sampe akhirnya harus dibawa ke rumah sakit. tapi penyebabnya karena apa? sampai sekarang belum ada jawabannya," kata Chicco di akun Instagramnya.

Dikutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sepsis merupakan respons ekstrem tubuh terhadap infeksi. Kondisi ini terjadi saat infeksi memicu reaksi berantai di seluruh tubuh.

Menurut CDC sepsis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Tapi kadang sepsis juga bisa dipicu oleh infeksi virus, seperti misalnya influenza atau COVID-19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bakteri yang paling sering menjadi penyebab sepsis adalah Streptococcus tipe B dan Escherichia coli.



Simak Video "Bakteri Usus Membantu Melawan Gejala Covid-19 pada Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT