Senin, 11 Okt 2021 22:00 WIB

10 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bisakah Gunakan Air Garam?

Ayunda Septiani - detikHealth
Sakit gigi 10 cara mengobati gusi bengkak (Foto: iStock)
Jakarta -

Gusi bengkak bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala suatu penyakit seperti infeksi pada gigi dan gusi. Lalu, bagaimana cara mengobati gusi bengkak?

Ada banyak cara untuk mengobati gusi bengkak, baik dengan perawatan kebersihan mulut secara alami, maupun dengan perawatan dokter.

10 cara mengobati gusi bengkak

1. Lidah buaya

Dikutip dari laman Healthline, lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Caranya pun bisa dilakukan dengan mudah.

Gunakan lidah buaya untuk berkumur-kumur sebanyak dua kali sehari. Usahakan ya untuk selalu rutin melakukan cara tersebut agar hasil yang didapat maksimal.

2. Air garam

Cara mengobati gusi bengkak yang kedua adalah dengan berkumur dengan air garam. Air garam bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri lho.

Caranya, bisa larutkan 1 sendok garam ke dalam air hangat terlebih dahulu, dan berkumurlah selama 30 detik.

3. Kompres dengan air hangat atau es

Mengompres gusi dengan es batu dapat digunakan saat gusi bengkak tidak disertai dengan nyeri atau berdenyut. Sementara, gusi yang disertai nyeri dan berdenyut dapat menggunakan air hangat.

4. Oleskan belimbing wuluh

Wah, ternyata belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut lho.

Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan bisa tumbuk hingga halus. Kemudian kamu oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

5. Bawang putih

Nah selanjutnya cara mengobati gusi bengkak adalah dengan bawang putih. Bawang putih memiliki manfaat sebagai antiseptik alami untuk membantu mengobati gusi bengkak.

Caranya, dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuk kedua bahan tersebut, kemudian bisa tempelkan pada gusi yang sakit.

6. Oleskan madu alami

Madu mengandung zat yang bisa meredakan pembengkakan. Kamu cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkak mulai kempes.

Pastikan ya kamu menggunakan madu alami.

7. Berkumur dengan air serai

Mengobati dengan gusi bengkak dapat menggunakan dengan serai. Caranya, kamu bisa merebus 2 tangkai serai dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

8. Berkumur dengan air jahe

Cara mengobati gusi bengkak yang kedelapan adalah berkumur dengan air jahe. Kandungan anti bakteri yang ada di dalam jahe bisa membantu membasmi bakteri dalam mulut.

Caranya, kamu bisa menggunakan air perasan jahe untuk berkumur.

9. Minum air putih

Banyak minum air putih dapat membantu meredakan gusi bengkak. Banyak minum air putih bertujuan untuk merangsang produksi air liur untuk membilas bakteri di mulut.

10. Berkumur dengan essential oil

Berkumur dengan essential oil, seperti tea tree oil atau minyak peppermint, efektif mencegah infeksi mikroorganisme sehingga gusi bengkak pun dapat sembuh.

Caranya, kamu bisa campurkan tiga tetes essential oil dalam air hangat. Setelah itu, kamu bisa berkumur dengan air tersebut selama 30 detik.

Semoga 10 cara mengobati gusi bengkak bisa membantu kamu pulih kembali seperti semula.



Simak Video "Perkembangan Laju Kasus Covid-19 di Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)