Selasa, 12 Okt 2021 13:15 WIB

Rachel Vennya Bisa Dijerat Sanksi Ini Jika Terbukti Mangkir Karantina

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rachel Vennya Foto: dok. Instagram @rachelvennya
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya dikabarkan tidak memenuhi aturan karantina COVID-19 setelah tiba dari Amerika Serikat. Disebutkan, ia hanya menjalani karantina tiga hari yang seharusnya delapan hari.

Terkait pelanggaran karantina, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan sanksinya akan disesuaikan dengan UU Karantina Kesehatan.

"Merujuk ke UU Karantina," katanya kepada detikcom, Selasa (12/10/2021).

Lebih lanjut, dr Nadia menegaskan pemerintah tidak akan memberikan toleransi kepada oknum yang melanggar aturan karantina. Hal ini dikarenakan karantina menjadi salah satu kunci menekan transmisi COVID-19.

"Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa pemerintah tidak akan pernah mentolerir segala bentuk upaya pelanggaran protokol kesehatan dan karantina kesehatan," pungkas dr Nadia.

Dalam ketentuan di UU Karantina, aturan ini dilakukan tidak hanya semata-mata untuk menyembuhkan, tetapi sekaligus untuk mencegah agar penderita penyakit tidak menjadi sumber penularan dan meluas pada warga masyarakat.

Adapun sanksi bagi pelanggar aturan karantina kesehatan tertuang dalam Pasal 93 UU No 6/2018 tentang Kekarantinaan.

Setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/ atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).



Simak Video "Siapa Saja yang Boleh Karantina di Wisma Atlet? Ini Aturannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)