Rabu, 13 Okt 2021 22:00 WIB

Viral Tren Bunyikan Kulit Kepala dengan Tarik Rambut, Awas Bisa Berdarah

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral Tren Bunyikan Kulit Kepala dengan Tarik Rambut, Awas Bisa Berdarah Foto: Tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Di media sosial TikTok tengah ramai tren membunyikan kulit kepala seperti yang biasa dilakukan pada buku-buku jari. Ini dilakukan dengan cara menarik rambut sampai mengeluarkan bunyi.

Satu video viral yang sudah ditonton lebih dari 5 juta kali di TikTok menunjukkan bagaimana rambut seorang wanita pertama-tama dipilin kemudian ditarik untuk menghasilkan suara meletup. Sebagian netizen berkomentar tidak bisa melakukan hal yang sama, sebagian lainnya mengatakan ini cara tradisional menyembuhkan sakit kepala.

Menanggapi tren, ahli bedah dr Anthony Youn dari Detroit, Amerika Serikat, menjelaskan apa yang menimbulkan bunyi tersebut adalah jaringan kulit kepala bernama galea aponeurotica. Jaringan ini berfungsi menghubungkan antara kulit kepala dengan tengkorak.

dr Anthony mengatakan sebaiknya orang-orang tidak mengikuti tren membunyikan kulit kepala. Alasannya ada risiko bisa terjadi perdarahan di bawah kulit.

"Tolong jangan lakukan ini... Bagian dalam kulit kepala bisa sobek, kemudian terjadi banyak perdarahan dalam," kata dr Anthony seperti dikutip dari Men's Health, Rabu (13/10/2021).

Dampak lainnya akar rambut di kulit kepala bisa juga mengalami kerusakan permanen. Bila akar rusak maka rambut tentu tidak bisa kembali tumbuh.

"Kulit kepala tidak untuk dibunyikan," komentar ahli kulit dr Mona Gohara dari Connecticut.



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)