Kamis, 14 Okt 2021 08:00 WIB

Heboh Galon Air Mineral Tercemar, Ternyata Pasta Gigi Juga Mengandung BPA

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Childs hand squeezes the toothpaste on the toothbrush Kandungan Bisphenol A juga ada di pasta gigi (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, beredar informasi terkait Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon yang mengandung Bisfenol A atau Bisphenol-A (BPA) dan bisa berbahaya untuk kesehatan. Rupanya tak hanya pada kemasan galon, zat berbahaya ini ternyata ditemukan juga pada produk yang biasa digunakan sehari-hari.

Dokter Spesialis Anak dan anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Irfan Dzakir Nugroho, SpA, M Biomed, mengatakan kandungan BPA ini juga bisa ditemukan pada produk kebersihan yang biasa digunakan, seperti pasta gigi.

"Selain dari kemasan pangan, kita juga bisa temukan pada produk-produk kebersihan, seperti pasta gigi, pada pipa suplai air bersih, dan produk tambal gigi itu juga mengandung BPA," kata dr Irfan dalam webinar daring, Rabu (13/10/2021).

"Selain itu, toksisitas BPA ini juga bisa ditemukan hampir di semua anggota tubuh, karena mungkin masifnya penggunaan kemasan pangan yang mengandung BPA ini," lanjutnya.

Masifnya penggunaan produk yang mengandung BPA membuat kandungan bahan berbahaya ini terdeteksi di beberapa bagian tubuh, seperti:

  • Saliva
  • Urine
  • Cairan ketuban
  • Darah tali pusat dan tali pusat
  • Kuku
  • Rambut
  • Kulit
  • Payudara
  • Lapisan adiposa

dr Irfan mengatakan akibat toksisitas BPA ini, lebih dari 130 studi melaporkan efeknya bisa memicu berbagai macam penyakit. Misalnya seperti kanker payudara, pubertas dini, penyakit jantung, infertilitas, katalisator penyakit saraf, dan obesitas.

Tak hanya itu, paparan BPA ini mampu mempengaruhi kondisi hormon-hormon manusia, seperti hormon estrogen, androgen, dan tiroid. Terlebih lagi bisa menyebabkan gangguan metabolik pada anak.

"Ada beberapa studi yang melaporkan adanya gangguan struktur dan fungsi otak. Kemudian, mempengaruhi gangguan perilaku pada anak," ujarnya.

"Kemudian ada juga anak yang terpapar BPA pada masa pertumbuhannya, maka akan menimbulkan efek kesehatan pada anak di usia selanjutnya. Kita lihat sekarang banyak penyakit-penyakit metabolik yang mulai timbul di usia muda," jelas dr Irfan.

Apa kata BPOM soal kandungan BPA (Bisphenol-A)? Selengkapnya di halaman berikut.

Simak video 'Mikroplastik, Teliti Lagi Galon Guna Ulang':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2