Kamis, 14 Okt 2021 22:00 WIB

Gara-gara Makan Ikan Mentah, Ada Cacing Hidup di Amandel Wanita Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Gara-gara Makan Ikan Mentah, Ada Cacing Hidup di Amandel Wanita Ini Foto: The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene
Jakarta -

Ada alasan mengapa ahli kesehatan sebetulnya tidak menganjurkan mengonsumsi makanan mentah. Contoh kasus dialami oleh seorang wanita di Jepang yang terinfeksi cacing parasit usai mengonsumsi ikan mentah.

Dalam laporan di jurnal The American Society of Tropical Medicine and Hygiene, wanita berusia 25 tahun tersebut awalnya memiliki keluhan sakit tenggorokan. Ia kemudian menemui dokter di St. Luke's International Hospital, Tokyo, karena sakit tak kunjung reda setelah lima hari.

"Pemeriksaan fisik menemukan semacam cacing hitam yang bergerak-gerak di bagian amandel kiri. Hasil pemeriksaan darahnya normal," tulis tim dokter seperti dikutip dari jurnal pada Kamis (14/10/2021).

Sang wanita mengaku mulai merasa sakit tenggorokan usai mengonsumsi sashimi. Dokter kemudian berhasil mengangkat cacing dengan penjepit dan gejala sang wanita langsung berangsur membaik.

Cacing yang menginfeksi pasien diketahui memiliki panjang 3,8 sentimeter dan berasal dari jenis Pseudoterranova azarasi. Kasus ini disebut langka karena biasanya parasit cacing menginfeksi bagian perut.

"Meski kasus di area oropharyngeal langka, infeksi semacam ini dapat menimbulkan 'sindrom tenggorokan gatal' dan batuk-batuk...," tulis para dokter.



Simak Video "Sederet Efek Samping Berbahaya dari Penggunaan Obat Ivermectin"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)