Jumat, 15 Okt 2021 16:39 WIB

Rela Ngantre Berjam-jam Demi 'Roti Isi' Subway, Termasuk FOMO?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Antrean Subway di Citos Subway Indonesia. (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Topik Hangat F.O.M.O Roti Isi
Jakarta -

Hingga sore hari, puluhan orang masih antre di gerai pertama Subway Indonesia, yang berlokasi di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Untuk mendapatkan seporsi roti isi asal Amerika Serikat ini juga butuh perjuangan, nggak satu-dua jam.

"Aku dari jam 10 pagi, tadi bahkan ada yang dari jam 8 sebelum mal buka," kata salah seorang pengunjung.

Demi menjaga agar tidak ada penumpukan dan kerumunan, pihak Subway membuat skema antrean. Ada tiga antrean yang harus dilalui pengunjung sebelum bisa mencicipi roti isi ini.

Subway memang punya daya tarik sendiri. Waralaba makanan ini sering 'tampil' di berbagai drama Korea yang menjadikan banyak Kpopers rela antre berjam-jam demi menjajal makanan ini.

"Penasaran banget. Biasanya cuma bisa lihat di drama Korea. Sekarang jadi bisa makan juga pas nonton," kata pengunjung lainnya.

Fenomena FOMO atau Fear of Missing Out mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik daripada dirinya. Ini bisa melibatkan rasa iri yang mendalam dan mempengaruhi harga diri.

Hal ini seringnya diperparah oleh hadirnya situs media sosial seperti Instagram dan Facebook. Ini juga dibenarkan oleh psikolog klinis & Co-Founder Ohana Space, Kantiana Taslim.

"Namanya 'Fear of Missing Out', bisa saja disertai rasa takut mereka nggak mengalami. Kok orang lain kelihatannya bisa having fun, bisa menjalani hidupnya dengan lebih happy? Kalau aku nggak mengalami, nggak bisa having fun dong?" kata Kantiana.

Nggak cuma muda-mudi, FOMO dapat dialami oleh orang-orang dari segala usia. Dikutip dari Very Well Mind, satu studi di jurnal Psychiatry Research menemukan bahwa rasa takut ketinggalan terkait dengan penggunaan smartphone dan media sosial yang lebih besar dan bahwa tautan ini tidak terkait dengan usia atau jenis kelamin.

FOMO diperparah dengan adanya media sosial. Kok bisa? Cek halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Memahami Self Reward dan Self Love bagi Kesehatan Mental "
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat F.O.M.O Roti Isi