Senin, 18 Okt 2021 12:02 WIB

Reaksi Nicholas Saputra Nonton Piala Thomas: Mau Copot Jantung!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Nicholas Saputra Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Euforia saat menonton keseruan turnamen Piala Thomas 2020 dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk aktor Nicholas Saputra. Nicholas terlihat membalas beberapa cuitan di akun Badminton Indonesia, @bulutangkisRI.

"Jantung kalean sehat?" cuit akun tersebut pada Sabtu (16/10/2021).

Tak beberapa lama, Nicholas pun membalasnya. Ia mengungkapkan perasaan yang dirasakannya saat itu.

"Mocopot (mau copot) min," jawab Nicholas Saputra.



Tetapi, ternyata menonton pertandingan seperti ini memang selalu bikin jantung deg-degan. Pasalnya, sensasi 'senam jantung' saat menonton pertandingan olahraga apapun ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan jantung lho.

Sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of Cardiology mengamati denyut jantung para penonton ice hockey. Hasilnya, denyut jantung para penonton meningkat sebesar 75 persen saat menonton pertandingan di TV. Sementara jika menonton langsung, denyut jantung akan meningkat lebih tinggi yaitu 110 persen.

Dikutip dari laman Express.co.uk, peningkatan ini setara dengan efek yang dialami jantung saat melakukan olahraga berat atau vigorous. Keduanya memberikan 'stres' atau beban terhadap kerja jantung.

Selain itu, penelitian ini juga dilakukan pada penonton timnas Jerman dalam Piala Dunia 2006 lalu. Hasilnya, terlihat adanya peningkatan denyut jantung sekaligus tekanan darah saat tim idolanya berlaga, yang diduga karena pelepasan adrenalin.

Menurut penelitian tersebut, para penggemar tim Jerman ini berisiko mengalami serangan jantung dan stroke yang meningkat dua kali lipat.



Simak Video "Pesan Nicholas Saputra Agar Kesehatan Mental Anak Tak Terganggu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)