Kamis, 21 Okt 2021 15:47 WIB

Ginjal Babi Akhirnya Bisa Dicangkok ke Manusia, Ini yang Dilakukan Para Ahli

Astika - detikHealth
close up of a pigs face on a truck, behind bars Transplantasi ginjal babi ke manusia (Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe)
Jakarta -

Tim bedah di NYU Langone Health Amerika Serikat untuk pertama kalinya berhasil melakukan transplantasi ginjal babi ke manusia. Hasil studi menunjukkan metode ini amat menjanjikan.

Xenotransplantasi, transplantasi organ dari hewan ke manusia, menjadi pilihan terapi untuk pasien gagal ginjal yang sudah tidak dapat diatasi dengan obat-obatan atau gagal ginjal stadium akhir. Namun, tantangan dalam transplantasi ginjal yaitu adanya reaksi penolakan yang hampir terjadi pada 30 persen pasien.

Selain itu, permintaan transplantasi juga tercatat sangat tinggi. Untuk tahun ini di Amerika saja sudah terdapat 90 ribu pasien yang akan menjalani transplantasi, sedangkan kemampuan transplantasi pada tahun sebelumnya hanya 23 ribu.

Hasil observasi tim yang dipimpin Dr Robert Montgomery selama 54 jam menyatakan bahwa ginjal hasil tranplantasi dari babi ini menunjukkan fungsi yang normal dan tidak ada reaksi penolakan seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

"Ginjal berfungsi dengan normal," ungkap Montgomery, dikutip dari Live Science.

Di balik kesuksesan tersebut, ilmuwan mengungkapkan terdapat satu tantangan dalam penelitian ini. Babi ternyata diketahui memiliki gen "alpha-gel" yang dapat memicu reaksi penolakan dari tubuh penerima donor ginjal.

Namun, para ilmuwan telah mengatasinya dengan melakukan modifikasi genetik sehingga babi hampir tidak lagi menghasilkan gen tersebut. Ilmuwan juga menambahkan antibodi tambahan untuk pasien yang diambil dari kelenjar timus babi.

Kedua upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi berupa reaksi penolakan setelah transplantasi.

Selain itu, ilmuwan lainnya tengah melakukan upaya dengan cara menumbuhkan sel dan jaringan manusia ke dalam tubuh babi agar tidak mudah terjadi reaksi komplikasi. Namun pendekatan ini masih terbentur dengan norma dan etika yang berlaku di masyarakat.



Simak Video "Begini Proses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)