Jumat, 22 Okt 2021 10:27 WIB

Jangan Kendor! Simak 5 Cara Simpel agar Terhindar dari COVID-19

Eqqi Syahputra - detikHealth
Jangan Kendor! Simak 5 Cara Simpel agar Terhindar dari COVID-19 Foto: Dok.Shutterstock
Jakarta -

Meski tingkat penularan COVID-19 kian menurun, hal itu bukan berarti kita sudah dapat lega dalam menjalani aktivitas. Sebaliknya, kita harus tetap waspada agar angka penularan semakin menurun dan tidak terjadi gelombang ketiga.

Menghindari virus pandemi dapat dimulai dari diri sendiri. Menerapkan kebiasaan disiplin yang sehat menjadi kunci untuk menjaga tubuh tetap fit.

Jika sudah terjangkit COVID-19, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada sistem kesehatan tubuh. Terutama bagi kamu yang memiliki penyakit bawaan seperti penyakit jantung atau kanker, maka akan ada gejala yang lebih serius dirasakan.

Untuk itu, menjaga kesehatan tubuh dari penularan COVID-19 sangat diwajibkan bagi semua orang tanpa terkecuali. Menjaga kesehatan tidak memerlukan biaya atau effort yang tinggi. Melansir dari Harvard Health Publishing, berikut cara simpel yang bisa kamu lakukan untuk menghindari paparan virus.

1. Memblokir Patogen Memasuki Tubuh dengan Masker

Penyakit menular disebabkan oleh organisme kecil yang berpindah dari orang ke orang, termasuk COVID-19. Sebagian besar mikroba masuk melalui lubang di tubuh hidung, mulut, telinga, bahkan hingga anus, dan saluran genital kita. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk memakai masker dan menggunakan pakaian yang tebal agar virus tersebut tidak masuk ke dalam tubuh.

2. Terapkan Kebiasaan Kebersihan

Kebiasaan yang disiplin dalam menjaga kesehatan sangat berpengaruh untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Kebiasaan tersebut dapat dimulai dari cuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan apapun. Selain itu, tutup mulut saat bersin hingga jangan berbagi piring, gelas, atau peralatan makan, serta hindari kontak langsung dengan serbet, tisu, sapu tangan, atau barang sejenis yang digunakan orang lain.

3. Jaga Kehigienisan Makanan

Meski tidak terlalu bahaya seperti penularan langsung, namun kehigienisan makanan juga dapat berpengaruh pada kondisi medis yang serius, termasuk gagal ginjal dan meningitis. Hal ini biasa disebut dengan infeksi patogen melalui makanan. Menyiapkan makanan yang bersih seperti mencuci makanan, memisahkan makanan mentah dan matang dapat membunuh mikroba dan menghindari masuknya mikroba ke makanan.

4. Vaksinasi

Saat ini, vaksinasi sangat diwajibkan demi membentuk imun tubuh yang kuat. Semua orang diwajibkan untuk vaksinasi tanpa terkecuali seperti anak-anak, orang dewasa, hingga hewan peliharaan. Vaksinasi juga menjadi salah satu cara agar angka penularan tidak kian bertambah.

5. Berhati-hati dalam Perjalanan

Rencana bepergian juga perlu diperhitungkan. Hal ini lantaran kamu bisa saja menyebarkan virus meski tidak merasakan gejala. Lakukan tes virus hingga vaksinasi sebelum melakukan perjalanan.

Jangan mengonsumsi es saat bepergian. Pembekuan tidak akan membunuh semua mikroba menular yang terbawa dalam air. Selain itu, siapkan juga hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan.

Hal simpel lain yang bisa kamu lakukan dalam menjaga diri dari paparan virus adalah mengonsumsi susu dengan nutrisi lengkap dan seimbang. Ensure merupakan susu nutrisi yang berguna untuk kekuatan dan daya tahan setiap hari.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure terbukti secara klinis merupakan Brand Nutrisi Dewasa Nomor 1 di Dunia, serta Brand yang Paling Direkomendasikan di Indonesia berdasarkan data Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, per Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales RSP, 2019.

Minum Ensure dua gelas sehari juga dapat membantu daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat, kamu dapat mengakses website ensure.co.id.

(akd/ega)