Minggu, 24 Okt 2021 10:31 WIB

BAB Berwarna Hijau, Normalkah? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya

Akbar Malik - detikHealth
Man suffers from diarrhea is sitting on toilet bowl and toilet paper roll near his legs - diarrhea concept Buang air besar (Foto: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz)
Jakarta -

Setiap kali kita buang air besar (BAB), warna kotoran yang umum adalah cokelat tua. Namun, pada beberapa kasus, ternyata kotoran berwarna hijau.

Mengapa bisa demikian? Apakah warna hijau pada kotoran menandakan sesuatu yang serius atau justru wajar?

Dikutip dari Health, Shanti Eswaran seorang ahli gastroenterologi di Michigan Medicine mengatakan hal itu umum terjadi. Berikut tujuh alasan kenapa kotoran bisa berwarna hijau saat BAB:

1. Mengonsumsi antibiotik

Jika sedang sakit dan minum antibiotik, kotoran bisa berubah warna menjadi hijau. "Antibiotik akan mengubah kandungan bakteri pada kotoran, dan bisa menyebabkan perubahan pada warna kotoran," jelas Eswaran.

2. Infeksi diare

Bakteri diare yang menyerang pencernaan bisa membuat kotoran menjadi hijau. "Infeksi bakteri juga dapat mengubah flora normal dalam kotoran, mengubah warnanya," kata Eswaran.

3. Memiliki penyakit hati

Kotoran yang berwarna hijau diakibatkan gangguan pada hati. Ketika hati memproduksi empedu, maka empedu itu akan berubah menjadi hijau tatkala disimpan di kantong empedu. Hal itu menandakan adanya gangguan pada hati.

4. Mengonsumsi banyak sayuran hijau

Sayuran hijau yang mengandung klorofil akan membuat kotoran menjadi hijau. Dalam kasus ini, kotoran berwarna hijau mengartikan kondisi tubuh yang sehat dan normal.

5. Mengonsumsi makanan dengan pewarna hijau

Pewarna makanan berwarna hijau pada es krim, kue, dan lainnya bisa mengakibatkan kotoran menjadi hijau. Dalam hal ini, ada indikasi bahwa kita mengonsumsi makanan dengan pewarna hijau berlebihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jejak Langkah dr. Boyke, Sang Edukator Seks Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]