Minggu, 24 Okt 2021 13:39 WIB

Sex-clusive Interview

Apa Jadinya Pakar Seks Ketemu Makhluk Halus? Ini Kisah 'Mistis' dr Boyke

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Sebagai pakar seks, dr Boyke dikenal piawai mengemas edukasi seks dengan berbagai cerita menarik. Namun di balik sosok riangnya, pemilik nama asli dr Boyke Dian Nugraha ini juga menyimpan segudang cerita mistis.

Menurutnya, cerita-cerita yang terdengar tidak logis tak bisa dipungkiri memang ada dalam keseharian masyarakat Indonesia. Terkadang, beragam cerita supranatural tersebut menyimpan rahasia pengobatan yang saat ini belum bisa ditangani dengan standar kedokteran.

"Kadang nggak bisa juga diterapkan. (Misalnya) dokter, ini masih berdarah-berdarah terus. Akhirnya orang pintar datang, lebih gila lagi. Dia cuma pakai telur, digini-giniin, lalu dibuka. (Dia bilang) dokter, coba buka telurnya deh. Dipecah, yang keluar apa? Jarum, ijuk, paku berkarat. Sembuh orangnya," ujar dr Boyke saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (19/10/2021).

"Jadi saya harus mempercayai bahwa hal-hal yang seperti ada, begitu loh. Itu yang membuat saya di Puskesmas belajar hal-hal yang seperti itu," sambungnya.

dr Boyke Dian Nugrahadr Boyke Dian Nugraha Foto: Khairunnisa Adinda Kinanti/detikHealth

dr Boyke juga mengaku dirinya pernah melihat langsung makhluk Poppo atau Pok-pok, makhluk mistis asal Sulawesi yang dipercaya suka memangsa ari-ari bayi baru lahir untuk awet muda. Menurut legenda, semakin besar suara 'Pok-pok-pok,' semakin jauh Poppo berada. Sebaliknya jika suara mengecil, artinya makhluk Poppo sudah dekat.

Pengalaman ngeri itu ia alami ketika tengah bertugas di Sulawesi Selatan. Awalnya, ia yang baru saja membantu persalinan diminta oleh bidan untuk tidak masuk ke ruang pasien. Namun lantaran bayi tak menangis, ia berinisiatif hendak memeriksa sang bayi.

"Tahu apa yang terjadi? Lahir tuh bayinya. Bu bidan ambil bayinya, saya ikut karena dia nggak menangis. Saya lari, pas saya balik, saya teriak. Kenapa? Itu bekas darah plasenta dijilatin sama nenek-nenek. Saya teriak, Bu Bidan lihat ini! (Bidan bilang) Ya Allah, itu Poppo, Dok! Seeet, neneknya hilang ngelewat. Dari situ saya percaya," ujar dr Boyke.

Selanjutnya
Halaman
1 2