Selasa, 26 Okt 2021 13:46 WIB

Warna Selangkangan Lebih Gelap dari Bagian Tubuh Lain, Normalkah?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi vagina Normalkah kulit area selangkangan lebih hitam dari bagian tubuh lain? (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Viral resep untuk memutihkan area selangkangan di media sosial TikTok. Dalam video, disebutkan bagian selangkangan yang hitam bisa diputihkan menggunakan krim betamethasone.

"Kita bisa oleskan dengan Betamethasone dicampur dengan Ketoconazole lalu diolesin sehari tiga kali," demikian penjelasan yang beredar.

Hal itu pun memancing banyak orang yang penasaran dan memutuskan untuk membeli krim betamethasone dan ketoconazole yang disebut-sebut bisa mencerahkan area selangkangan yang gelap. Sayangnya, tips tersebut tidak mencantumkan secara jelas efek samping dan risiko dari kedua krim tersebut.

Sebenarnya, normalkah kulit bagian intim seperti selangkangan dan vagina menghitam?

Menurut dokter kulit di Manhattan, New York Dr Hadley King, MD, jika bagian kulit di area labia, skrotum, selangkangan, hingga anus lebih gelap dari bagian tubuh lain adalah hal yang normal. Kondisi itu disebut dengan hiperpigmentasi.

"Pada kebanyakan orang pasca pubertas, kulit di area genital akan lebih gelap dibandingkan area kulit lainnya," kata Dr Hadley King, MD, yang dikutip dari The Healthline, Selasa (26/10/2021).

"Itu terjadi pada semua orang. Warnanya akan bervariasi dari orang ke orang. Tidak ada warna yang 'normal' di area ini, tetapi memang cenderung lebih gelap dari area lain," jelasnya.

Sebenarnya, warna kulit seseorang bisa berperan pada penggelapan ini. Tetapi, jika kulit tubuh lebih pucat, warna yang muncul akibat hiperpigmentasi ini mungkin akan berbeda.

"Biasanya penggelapan kulit ini lebih berwarna coklat," kata ahli bedah dubur Evan Goldstein, DO.

Selain warna kulit, ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor terjadinya penggelapan kulit ini. Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Aura Baru Kantor Pos Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]