Selasa, 26 Okt 2021 10:10 WIB

Viral di Medsos, Kenapa Sih Orang Terobsesi Memutihkan Selangkangan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Woman smears cream on her leg at home on the floor. Girl wears white towel. Skincare and beauty concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Emilija Randjelovic
Jakarta -

Viral video di TikTok yang membeberkan resep memutihkan selangkangan dengan obat yang tergolong keras. Tak tanggung-tanggung, video ini bahkan sudah ditonton lebih dari 13 juta orang.

Di kolom komentar, banyak yang penasaran dan akhirnya memutuskan membeli krim betamethasone dan ketoconazole yang disebut-sebut bisa mencerahkan area selangkangan hitam. Sayangnya, tips tersebut tidak mencantumkan secara gamblang risiko dan efek sampingnya, terlebih kedua krim tersebut peruntukannya bukan untuk area di sekitar kelamin.

"Betamethasone itu steroid ya, tidak boleh digunakan sembarangan. sama dengan Ketokonazol, itu anti jamur harus digunakan dengan resep dokter," kata spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Cente saat diwawancarai detikcom, Selasa (26/10/2021).

Tips dan cara memutihkan di area intim selalu dicari banyak orang. Tidak sedikit yang bahkan terobsesi terhadapnya dan mencari berbagai cara untuk memutihkan selangkangan bahkan, vagina.

Salah satu studi mengenai Genital Appearance Dissatisfaction yang dimuat dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menuliskan bahwa ketidakpuasan penampilan genital atau alat kelamin dikaitkan dengan keintiman fisik, yang, pada gilirannya, terkait dengan hasrat seksual yang lebih rendah atau kepuasan seksual.

Ketidakpuasan wanita dengan penampilan alat kelamin mereka mungkin memiliki implikasi mendalam untuk pengalaman seksual mereka terlepas dari cara mereka merasa tentang penampilan tubuh mereka secara umum.

Wanita mungkin sangat rentan untuk mengembangkan masalah citra genital sebagai akibat dari pengaruh budaya kontemporer, termasuk citra media dan tren dalam bedah kosmetik.

Kemajuan teknologi telah memberikan peningkatan akses publik ke gambar-gambar porno, banyak di antaranya mencerminkan rentang penampilan alat kelamin yang tidak realistis, terlepas dari kenyataan bahwa ada variabilitas yang cukup besar dalam ukuran, bentuk, dan warna vulva wanita di seluruh populasi umum.



Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)