Selasa, 26 Okt 2021 17:45 WIB

Dokter Kecantikan Buka-bukaan Soal Penyebab Selangkangan Menghitam

Vidya Pinandhita - detikHealth
Woman smears cream on her leg at home on the floor. Girl wears white towel. Skincare and beauty concept Ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Emilija Randjelovic
Jakarta -

Media sosial dihebohkan oleh kemunculan dokter yang menyebut campuran salep antijamur ketoconazole dan betamethasone bisa mengatasi selangkangan hitam. Sejawat dokter menyebut resep ini berbahaya, karena termasuk obat keras.

Mengatasi selangkangan hitam memang tidak sembarangan, harus dipastikan dulu apa penyebabnya. Tak jarang bikin minder, sebenarnya apa sih penyebab selangkangan hitam?

Dokter estetika di Marcks Venus Aesthetics Clinic, dr Rahmani Nadya Dewi Himawan, menyebut terdapat berbagai kemungkinan penyebab kehitaman pada selangkangan.

"Kalau kehitaman di selangkangan itu bisa disebabkan berbagai macam hal. Nah bisa memang karena suatu penyakit tertentu atau bisa juga memang kita ada, misalnya turunan genetik tertentu biasanya ada kehitaman di area yang lebih gelap, itu hal yang normal," terangnya saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

"Nah sebenarnya sebaiknya kita konsultasi langsung datang ke dokter supaya bisa diperiksa apakah karena penyakit tertentu atau ini bawaan," sambungnya.

dr Nadya menegaskan, mengenali penyebab adalah langkah pertama untuk mengatasi kehitaman pada selangkangan. Pada dasarnya, penyebab berbeda membutuhkan metode penanganan yang juga berbeda.

"Misalnya pada usia rata-rata yang aku pernah temui, pasien lansia, atau dia ada penambahan bobot berat badan bisa timbul infeksi jamur di selangkangan tersebut mungkin bisa diberikan antijamur," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2