Selasa, 26 Okt 2021 16:02 WIB

Bukan Pakai Ketoconazole, Begini Dokter Kecantikan Putihkan Selangkangan

Vidya Pinandhita - detikHealth
Attractive woman applying healthy cream on legs and sitting in bed after bathing. Girl wears white towel. Skincare and beauty concept Cara memutihkan selangkangan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Emilija Randjelovic)
Jakarta -

Seorang dokter tengah bikin geger dunia maya gara-gara menganjurkan campuran salep antijamur ketoconazole dan betamethasone untuk memutihkan selangkangan. Anjuran tersebut menuai kecaman warganet maupun sejawat dokter, lantaran dinilai tak aman. Sebenarnya, adakah cara aman mengatasi selangkangan hitam?

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter estetika di Marcks Venus Aesthetics Clinic, dr Rahmani Nadya Dewi Himawan, menjelaskan treatment yang bisa dilakukan untuk mencerahkan area selangkangan.

Di antaranya, menggunakan Advanced Fluorescence Technology (AFT) Rejuve, alias laser yang untuk mencerahkan area kulit tertentu seperti selangkangan dan ketiak secara instan.

"AFT itu laser sejenis intense pulse light, dia itu merupakan laser yang advanced untuk mencerahkan area kulit. Tujuannya, mencerahkan. Kelihatan kulitnya (secara instan) lebih cerah," terang dr Nadya saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Menurutnya, metode ini sudah banyak digunakan, khususnya oleh orang-orang yang mengalami kehitaman akibat sering mencukur rambut ketiak.

"Bisa dengan laser, namanya AFT Rejuve. Bisa juga dengan laser, nanti kita kombinasikan dengan krim pencerah supaya area tertentu menjadi lebih cerah," jelas dr Nadya.

"Memang kalau pemakaian deodoran atau sering shaving (mencukur), nggak waxing tapi shaving, biasanya memang akan menyebabkan kehitaman pada area terutama ketiak," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2