Rabu, 27 Okt 2021 05:51 WIB

Beda-beda Penyebabnya, Selangkangan Hitam Tak Boleh Sembarangan Diobati

Vidya Pinandhita - detikHealth
Young woman with cream for feet sitting on bed Selangkangan menghitam tak bisa diobati sembarangan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Media sosial tengah dibuat geger oleh video viral seorang dokter menyarankan campuran salep ketoconazole dan betamethasone untuk menghilangkan kehitaman pada selangkangan. Anjuran tersebut menuai banyak kecaman warganet lantaran termasuk obat keras yang berbahaya. Apa kata dokter?

Dokter estetika di Marcks Venus Aesthetics Clinic, dr Rahmani Nadya Dewi Himawan, menjelaskan kehitaman pada area kulit, termasuk selangkangan, tak bisa sembarang diatasi dengan salep antijamur. Sebelum diberi tindakan apa pun, penyebab kehitaman harus diketahui lebih dulu.

Walhasil, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membeli dan menggunakan obat apa pun.

"Kehitaman di selangkangan itu bisa disebabkan berbagai macam hal. Bisa memang karena suatu penyakit tertentu atau bisa juga memang ada, misalnya turunan genetik tertentu biasanya ada kehitaman di area yang lebih gelap. Itu hal normal," terangnya saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Ia menegaskan, penyebab yang berbeda pada kehitaman di area selangkangan bakal membutuhkan penanganan yang berbeda.

Walhasil, area kehitaman ini tak bisa sembarang dioleskan obat, termasuk antijamur. Ia khawatir jika obat yang diberikan tidak sesuai penyebab, masalah jamur malah bakal menjadi-jadi.

"Sebaiknya kita konsultasi langsung datang ke dokter supaya bisa diperiksa apakah karena penyakit tertentu atau ini bawaan. Jadi penanganannya pun tentu berbeda," beber dr Nadya.

"Tidak semua kasus kehitaman area selangkangan bisa diatasi dengan obat-obatan tersebut. Jadi memang sebaiknya datang langsung (ke dokter) karena tindakannya akan berbeda-beda," pungkasnya.



Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)