Jumat, 29 Okt 2021 05:18 WIB

Round Up

4 Fakta Kondom Unisex, Pertama di Dunia Bisa Dipakai Pria dan Wanita

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta -

Ilmuwan Malaysia menciptakan inovasi yang cukup menggemparkan yakni kondom unisex. Sesuai namanya, kondom ini bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Lalu bagaimana cara kerjanya?

Kondom yang diberi Wondaleaf Unisex ini merupakan kreasi para ilmuwan dari perusahaan medis Twin Catalyst. Diharapkan, inovasi ini memberikan kenyamanan lebih saat bercinta.

Beberapa fakta yang terangkum tentang kondom unisex ini adalah sebagai berikut:

Bisa dipakai pria-wanita

Sesuai namanya, kondom unisex bisa digunakan tanpa memandang jenis kelamin dan bahkan orientasi seksual. Seperti diketahui, penggunaan kondom pada umumnya didominasi oleh kondom pria sehingga keterlibatan wanita terkait penggunaan kondom kurang diperhitungkan.

Cara kerja

Berbeda dengan kondom biasa yang umumnya berbahan lateks, kondom unisex dibuat dengan poliuretan, bahan medical-grade yang biasa dipakai untuk menutupi luka. Kondom ini bekerja dengan perekat yang akan menutupi Mr P maupun Miss V dengan proteksi ekstra.

Kelebihan lainnya adalah, kondom ini bisa digunakan sebelum aktivitas seks dilakukan sehingga lebih sedikit mengganggu keintiman.

Harga

Dikutip dari Reuters, satu kemasan kondom unisex berisi dua kondom, dengan harga sekitar 14,99 ringgit malaysia atau sekitar Rp 50 ribu. Sebagai gambaran, harga selusin kondom biasa di Malaysia berkisar antara 20-40 ringgit malaysia.

Tersedia Desember

John Tang Ing Chinh, salah seorang ginekolog dari Twin Catalyst menyebut kondom unisex masih akan menjalani sejumlah uji klinis. Diperkirakan kondom ini akan tersedia di pasaran sekitar bulan Desember 2021.

(up/up)