Senin, 01 Nov 2021 12:35 WIB

Apa Itu No Nut November? Tantangan Viral Sebulan 'Puasa' Masturbasi

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi masturbasi Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Istilah "No Nut November" atau disingkat NNN populer digunakan netizen memasuki bulan November. Di beberapa media sosial berkeliaran meme terkait No Nut November yang ternyata merupakan tantangan viral tidak masturbasi sebulan penuh.

"#NoNutNovember siapa takut" komentar satu pengguna Twitter.

Dikutip dari Men's Health, tantangan viral No Nut November yang mulai populer di tahun 2017 dimulai dari candaan belaka. Beberapa pengguna internet dengan gaya menyindir atau bercanda mendorong orang-orang agar berpuasa dari masturbasi karena 'berdampak buruk' untuk kesehatan.

Tidak diketahui pasti berapa banyak orang yang benar-benar mencoba tantangan ini. Namun di media sosial kerap beredar pengakuan mereka yang berusaha melakukannya namun gagal karena kesulitan mengendalikan hawa nafsu.


Apakah ada dampak dari melakukan tantangan No Nut November?

Pakar seks sekaligus peneliti dari Kinsey Institute, Justin Lehmiller, mengatakan sebetulnya tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan masturbasi berbahaya untuk kesehatan. Studi yang ada malah menunjukkan manfaat masturbasi, mulai dari menghilangkan stres hingga mengurangi risiko kanker prostat.

"Tidak ada bukti ilmiah berhenti masturbasi bisa meningkatkan kesehatan Anda. Faktanya justru lebih banyak potensi kesehatan dari masturbasi," kata Justin.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)