Selasa, 02 Nov 2021 06:41 WIB

Vaksin COVID-19 Novavax Klaim Sudah Dapat Izin di Indonesia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Produsen vaksin COVID-19 Novavax dari Amerika Serikat mengklaim sudah mendapat emergency use authorization (EUA) di Indonesia. Pengiriman ke Indonesia akan segera dilakukan.

Klaim ini disampaikan chief excecutive Novavax, Stanley Erck, dalam wawancara dengan Reuters. Disebutkan, vaksin yang akan dikirim ke Indonesia diproduksi oleh Serum Institute in India (SII), dan dijual dengan dengan brand Covovax.

"Otorisasi pertama untuk vaksin COVID-19 Novavax menunjukkan komitmen terhadap akses global yang adil dan akan mengisi kebutuhan vital di Indonesia, yang meskipun jumlah penduduknya paling padat keempat di dunia, terus berupaya mencukupi kebutuhan vaksin untuk penduduknya," kata Erck dikutip dari France24.

Pengajuan ke organisasi kesehatan dunia WHO juga tengah dalam proses review dan Novavax berharap sudah akan ada hasil pekan depan. Setelah mendapat restu WHO, Novavax akan memulai pengiriman 1,1 miliar dosis vaksin ke COVAX.

"Saya pikir kami akan mengirim beberapa dosis ke COVAX tahun ini," kata Erck, dikutip dari Reuters.

"Namun kami pikir (Novavax) akan benar-benar mulai bisa mengirim dalam jumlah besar ke COVAX pada kuartal pertama (2022)," jelasnya.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)