Selasa, 02 Nov 2021 15:33 WIB

SBY Idap Kanker Prostat, Ini Alasan Pria 40 Tahun ke Atas Harus Cek Prostat

Firdaus Anwar - detikHealth
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merespons terpilihnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat lewat agenda yang diklaim sebagai kongres luar biasa (KLB). SBY menuding Moeldoko telah melakukan kudeta bersama orang dalam partai. Hal itu disampaikan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021). Foto ilustrasi: Antara Foto/Asprilla Dwi Adha
Jakarta -

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan mengidap penyakit kanker prostat stadium awal. Presiden ke-6 Republik Indonesia tersebut akan menjalani terapi di luar negeri atas saran dari tim dokter.

"Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, Tim Dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dalam keterangan tertulis pada Selasa (2/11/2021).

Ahli urologi sekaligus Direktur RSUD Pasar Minggu, dr Yudi Amiarno, SpU, menjelaskan pria bisa menghadapi peningkatan risiko kanker prostat seiring bertambahnya usia. Ini karena prostat secara alami tumbuh besar karena pengaruh hormon dan pada beberapa kasus kadang menjadi kanker.

Karena alasan itu pria berusia 40 tahun ke atas disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, termasuk di dalamnya cek prostat. Dokter bisa melakukan tes darah untuk mengetahui kadar prostate-specific antigen (PSA) atau mengecek langsung kondisi prostat lewat colok dubur.

"Periksa dubur untuk meraba prostat bisa mendeteksi kita-kira tumor atau bukan. Karena kalau itu tumor konsistensinya berbeda. Kalau bukan tumor akan kenyal padat, kalau tumor jadi keras," kata dr Yudi saat dihubungi detikcom, Selasa (2/11/2021).

dr Yudi menyamakan rutinitas cek prostat ini layaknya pemeriksaan payudara dan mulut rahim yang juga perlu rutin dilakukan wanita. Ini untuk mengantisipasi beberapa jenis kanker yang risiko kejadiannya meningkat saat seseorang bertambah tua.

"Jadi sebaiknya setiap pria waspada terhadap pertumbuhan kanker prostat ini. Caranya ya dengan medical check-up up rutin. Begitu umur 40 tahun lebih kalau bisa," pungkas dr Yudi.

Simak video 'Idap Kanker Prostat, SBY Juga Punya Riwayat Penyakit Lain':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/up)