ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Nov 2021 14:15 WIB

Vanessa Angel dan Suami Tewas, Stop Sebar Foto-Video Kecelakaannya di Sosmed!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jakarta -

Selebriti Vanessa Angel dan suami tewas dalam kecelakaan mobil di Nganjuk, Jawa Timur. Kabar ini juga dibenarkan oleh kepolisian setempat.

"Betul A1 dipastikan Vanessa Angel dan suaminya tewas di tempat dalam kecelakaan di tol Jombang," kata Kasat Lantas Polresta Jombang AKP Rudi Purwanto kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

Di sosial media beredar foto lokasi kejadian. Dikabarkan ada juga mayat yang berada di dekat lokasi kecelakaan, meski belum bisa dipastikan identitasnya.

Musibah semacam ini tentu membawa rasa syok dan kesedihan mendalam bagi para kerabat dan keluarga korban. Menyebarkan foto kondisi jenazah secara sengaja atau tidak bisa mempengaruhi kondisi psikis keluarga yang ditinggalkan.

"Keluarga bisa saja masih syok dan trauma atau bisa jadi bahkan belum bisa menerima kondisi tersebut," kata psikolog klinik dewasa Wulan Ayu Ramadhani, M.Psi, saat ditanyai perihal mengunggah foto korban kecelakaan Lion Air beberapa waktu lalu.

Menyebarluaskan gambar atau video korban yang mengalami kecelakaan atau musibah juga merupakan tindakan yang sangat tidak etis dan tidak menghormati korban.

Diharapkan kepada seluruh pengguna sosial media agar lebih bijak dalam menyebarluaskan informasi. Tidak menyebarkan foto dan video korban terlebih jika tak ada sensor.

Terkait kecelakaan yang merenggut Vanessa Angel dan suami, psikolog klinis Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum menyarankan untuk tidak menyebar foto atau gambar kecelakaan. Bagi sebagian orang, ini bisa men-trigger kecemasan.

"Cukup sebarkan beritanya saja. Karena kita tidak tahu apakah foto yang kita sebarkan tersebut dapat mentrigger kecemasan dan muncul kembali trauma pada orang lain yang melihatnya," kata Rahma kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT