Alasan Psikologis Foto Kecelakaan Vanessa Angel Bisa Picu Cemas-Trauma

ADVERTISEMENT

Alasan Psikologis Foto Kecelakaan Vanessa Angel Bisa Picu Cemas-Trauma

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 04 Nov 2021 15:19 WIB
Vanessa Angel dan suami
Foto: Instagram @vanessaangleofficial
Jakarta -

Selebriti Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan mobil di Tol Jombang. Menurut pihak kepolisian setempat, kecelakaan tersebut menewaskan Vanessa Angel dan suaminya.

Dari kecelakaan tersebut, tiga orang lainnya yang juga berada di dalam mobil Vanessa dikabarkan selamat. Salah satunya anak dari Vanessa yaitu Gala Sky Andriansyah.

"Anaknya selamat, luka ringan. Di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Masih shocked semuanya, dari Jakarta mau ke Surabaya," ujar Dirlantas Kombes Latif Usman kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

Kabar kecelakaan yang menewaskan Vanessa pun mulai tersebar di media sosial. Tak hanya berita, foto kerusakan mobil yang ditumpanginya hingga potret dari Vanessa Angel juga ikut tersebar.

Menanggapi ini, psikolog klinis Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan menyebarkan foto bahkan video kecelakaan bisa berdampak buruk. Hal ini pun bisa membuat seseorang terganggu hingga menimbulkan emosi tertentu.

"Keluarga korban bisa saja merasa tidak nyaman dan terganggu karena terpaksa berulang kali melihat hal hal yang mengingatkan kembali akan kejadian tersebut. Bisa jadi mentrigger emosi-emosi tertentu yang tidak sehat," jelas Rahma pada detikcom, Kamis (4/11/2021).

Maka dari itu, Rahma menegaskan untuk tidak menyebarkan foto-foto kecelakaan. Sebab itu bisa menimbulkan trauma pada orang yang melihatnya, terutama pihak keluarga.

"Cukup sebarkan beritanya saja. Karena kita tidak tahu apakah foto yang kita sebarkan tersebut dapat mentrigger kecemasan dan muncul kembali trauma pada orang lain yang melihatnya," pungkasnya.

Simak video 'Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel':

[Gambas:Video 20detik]



(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT