ADVERTISEMENT

Kamis, 04 Nov 2021 15:30 WIB

Picu Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Ngantuk di Jalan Lebih Bahaya dari Mabuk

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vanessa Angel saat berkunjung ke kantor detikcom. Vanessa Angel. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andiansyah atau yang kerap disapa Bibi meninggal dunia akibat kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur. Diduga, penyebab awal kecelakaan adalah sopir mengantuk.

"Kendaraan tersebut tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol dikarenakan sopir mengantuk," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Usman Latif, dikutip dari detikNews, Kamis (4/11/2021).

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja atau yang biasa disapa dr Ade, menjelaskan mengantuk adalah penyebab kecelakaan lalu lintas nomor satu.

"Saya terus terang sudah nggak mengikuti data, lagi apa lagi pandemi nggak begitu banyak. Tapi dari 2011-an, nomor satu itu penyebab kecelakan memang mengantuk. Itu data kepolisian kok," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (4/11/2021).

"Jadi pada operasi ketupat penyebab kecelakan nomor satu kelalaian pengemudi. Kelalaian Apa sih yang bikin lalai? Mengantuk kan," sambung dr Ade.

Mengantuk saat berkendara lebih berbahaya daripada mabuk

Ia menegaskan, berkendara sembari mengantuk lebih berbahaya dibanding mabuk. Pasalnya, berbeda dengan mabuk yang jelas terlihat bahkan sebelum mulai menyetir, rasa mengantuk kerap tak terlihat. Hal inilah yang sering disepelekan oleh orang-orang.

"Justru berkendara dalam kondisi mengantuk itu lebih berbahaya dibanding mabuk. Ini yang orang masih sepelekan karena kalau mabuk, mabuk nggak mungkin nyetir sudah terasa. Tapi kalau mengantuk, dia bersembunyi. Bisa nggak muncul secara tiba-tiba," terang dr Ade.

"Jadi (orang berpikir) 'ah nanggung, masih 1 kilo lagi rest area' atau 'sedikit lagi ada Starbucks'. Tahu-tahu ada sesuatu, kecelakaan. Jadi justru itu nomor satu, berkendara dalam kondisi mengantuk itu nomor satu, justru bahaya banget," pungkasnya.

Simak video 'Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT