ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 05:30 WIB

Round Up

Foto Jenazah dan Kecelakaan Vanessa Angel Viral, Please Jangan Disebar!

Syifa Aulia - detikHealth
Vanessa Angel dan Bibi Ardriansyah Vanessa Angel meninggal dalam kecelakaan tragis (Foto: Instagram)
Jakarta -

Artis Vanessa Angel dan suaminya Bibi meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Tol Jombang, Kamis (4/11/2021). Dalam kecelakaan itu, tiga penumpang lainnya yang ada dalam mobil Vanessa mengalami luka ringan dan berat, termasuk anaknya Gala Sky Andriansyah.

"Anaknya selamat, luka ringan. Di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. Masih shocked semuanya, dari Jakarta mau ke Surabaya," ujar Dirlantas Kombes Latif Usman kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

Kabar ini cukup mengagetkan netizen hingga menjadi trending topik di Twitter. Foto-foto kecelakaan itu juga tersebar di media sosial seperti foto kerusakan mobil hingga jenazah. Namun, tindakan menyebarkan foto atau video kecelakaan di media sosial sangat tidak dibenarkan.

Menurut psikolog klinis Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum, tindakan netizen yang menyebarkan foto atau video kecelakaan bisa menyebabkan dampak buruk terutama bagi keluarga korban. Misalnya, membangkitkan trauma masa lalu hingga membuat orang lain terganggu.

"Keluarga korban bisa saja merasa tidak nyaman dan terganggu karena terpaksa berulang kali melihat hal hal yang mengingatkan kembali akan kejadian tersebut. Bisa jadi mentrigger emosi-emosi tertentu yang tidak sehat," kata Rahma kepada detikcom, Kamis (4/11/2021).

"Cukup sebarkan beritanya saja. Karena kita tidak tahu apakah foto yang kita sebarkan tersebut dapat mentrigger kecemasan dan muncul kembali trauma pada orang lain yang melihatnya," sambungnya.

Dampak psikis bagi keluarga korban

Rahma menjelaskan keluarga korban yang melihat foto-foto di media sosial bisa mengalami kecemasan. Terutama, jika gambar tersebut dalam kondisi mengenaskan.

"Jadi sebaiknya tidak menyebarkan foto yang ada gambar korban korban kecelakaan tersebut, baik masih hidup atau sudah meninggal. Foto dengan gambar yang mengenaskan seperti darah menggenang juga bisa saja memberikan trigger kecemasan pada orang yang melihatnya," jelasnya.

Menurut Psikolog klinis dari Personal Growth Veronica Adesla, keluarga korban juga bisa mengalami emosi yang semakin parah, seperti kesedihan, kemarahan, hingga trauma berkepanjangan.

"Keluarga korban sendiri pasti saat ini sedang shock dan sangat bergejolak secara emosional dengan tragedi yang menimpa anggota keluarganya, yang mengakibatkan mereka kehilangan anggota keluarga yang dikasihi," kata Vero kepada detikcom.

Simak video 'Vanessa Angel dan Bibi: Kecelakaan, Duka dan Akhir Bersama':

[Gambas:Video 20detik]



Adik ipar Vanessa Angel juga menyampaikan permohonan serupa. Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT