4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak, Pakai Lidah Buaya Juga Bisa!

ADVERTISEMENT

4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak, Pakai Lidah Buaya Juga Bisa!

Akbar Malik - detikHealth
Jumat, 05 Nov 2021 05:00 WIB
The dentist, fully dressed in a protective suit with an eyewear protection is with a patient. A woman in the chair has her mouth opened and examined while holding a suction pump.
Cara mengatasi gusi bengkak (Foto: Getty Images/LukaTDB)
Jakarta -

Gusi yang membengkak akan sangat mengganggu. Selain sakit, kita bisa kesulitan makan. Ketika kita mengalaminya, kadang kita bingung bagaimana cara mengatasi gusi bengkak.

Padahal cara mengatasi gusi bengkak bisa dilakukan dengan mudah! Bahan-bahan alami di rumah bisa dicoba digunakan untuk mengobati gusi yang sedang bengkak.

Perlu diketahui, gusi bengkak biasanya akibat dari plak dan karang gigi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ketika menyikat gigi, plak-plak pada gigi terangkat dengan bersih.

Sebelum menggunakan bahan alami untuk mengobati gusi bengkak, sejatinya cara mengatasi gusi bengkak adalah memerhatikan perawatan gigi. Hal-hal mendasar seperti sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, mengganti sikat gigi tiga bulan sekali, hingga menjaga kebersihan mulut adalah hal yang harus diperhatikan.

Meski sudah mencoba merawat kebersihan mulut, tanpa terduga kita merasakan gusi bengkak. Tak usah khawatir, Healthline memberi tahu berikut empat bahan alami untuk mengatasi gusi bengkak, antara lain:

1. Air garam

Penelitian tahun 2016 mengatakan bahwa berkumur dengan air garam sangat bermanfaat untuk penyembuhan gusi yang sedang bengkak. Garam adalah disinfektan alami yang dapat membantu menyembuhkan gusi bengkak.

2. Lidah buaya

Cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan alami selanjutnya adalah lidah buaya. Cara menggunakannya adalah membuat lidah buaya menjadi obat kumur. Studi mengungkap bahwa obat kumur lidah buaya sama efektifnya dengan klorheksidin dalam mengurangi peradangan pada gusi.

3. Daun jambu biji

Masih dengan cara menjadikannya obat kumur, daun jambu biji menjadi salah satu cara mengatasi gusi bengkak dari bahan alami. Daun jambu biji telah lama menjadi pengobatan efektif untuk kebersihan mulut. Penelitian menemukan sifat antibakteri dan antimikroba dari obat kumur daun jambu biji untuk mengendalikan plak dan gusi bengkak.



Simak Video "Gejala Omicron BN.1 yang Sudah Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT