ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 08:53 WIB

Sopir Vanessa Angel Unggah Stories, Ini Bahaya Main Ponsel Saat Berkendara

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Polisi melakukan evakuasi mobil Vanessa Angel yang mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang KM 672-400A, Kamis (4/11/2021). Proses evakuasi dilakukan selama 15 menit. Mobil Vanessa Angel ringsek akibat kecelakaan. (Foto: Sugeng Harianto)
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya meninggal dunia dalam kecelakaan maut di Tol Jombang pada Kamis (4/11). Anaknya, Gala Sky Ardiansyah, selamat dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Mobil yang ditumpangi Vanessa dikemudikan oleh pria bernama Tubagus Joddy. Sebelum kecelakaan terjadi, Tubagus Joddy sempat merekam perjalanannya dan diunggah di Instagram Stories.

Dalam unggahan yang kini sudah dihapus itu, terlihat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. Meski demikian, sudah banyak netizen yang merekam ulang dan menduga adanya kelalaian sopir dalam hal ini main ponsel saat berkendara sehingga membuatnya tidak fokus.

Sempat ada dugaan jika Joddy terlalu ngebut dan tak bisa menguasai kendaraan tersebut. Polisi juga menduga ada kelalaian sopir yang mengakibatkan kecelakaan maut tersebut.

"Kemungkinan (kecepatan) tinggi kalau dilihat dari kondisi kendaraannya. Kan harus diminta dari keterangan pengemudi. Tadi pengemudi mengatakan dia nge-blank," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Dwi Sumrahadi.

Bahaya main ponsel saat berkendara

Polisi sampai saat ini masih mendalami penyebab kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya. Namun perlu dicatat, penggunaan ponsel saat mengemudi sangat berbahaya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan ponsel dapat menyebabkan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalan, tangan dari kemudi, dan pikiran mereka dari jalan dan situasi sekitarnya. Ini adalah jenis gangguan terakhir - yang dikenal sebagai gangguan kognitif, yang memiliki dampak terbesar pada perilaku mengemudi.

Bukti menunjukkan bahwa gangguan yang disebabkan oleh ponsel dapat mengganggu kinerja mengemudi dalam beberapa cara, misalnya waktu reaksi lebih lama terutama pada saat pengereman dan sinyal lalu lintas, terganggu kemampuannya untuk berada di jalur yang benar.

Studi menunjukkan bahwa pengemudi yang menggunakan ponsel kira-kira empat kali lebih mungkin terlibat dalam kecelakaan daripada ketika pengemudi tidak menggunakan ponsel. Juga, tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan bahwa ponsel dengan fitur handsfree lebih aman.

Saat berkendara, sangat disarankan untuk tidak menggunakan ponsel. Pun jika memiliki kepentingan, lebih baik untuk melipir sebentar terlebih dahulu daripada menggunakan ponsel saat berkendara.



Simak Video "TOP 5: Sopir Vanessa Angel Jadi Tersangka, Indonesia Masuk Zona Hijau"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT