Jumat, 05 Nov 2021 09:09 WIB

Diduga Picu Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Kenapa Mudah Ngantuk Saat Nyetir?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vanessa Angel saat berkunjung ke kantor detikcom. Vanessa Angel. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andiansyah atau yang akrab dipanggil Bibi tewas dalam kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur, diduga akibat sopir mengantuk. Apa penyebab mengantuk saat menyetir? Mungkinkah murni kelalaian atau ada kondisi tertentu yang mendorong kantuk saat menyetir?

"Kendaraan tersebut tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol dikarenakan sopir mengantuk," kata Dirlantas Polda Jatim Kombes Usman Latif, dikutip dari detikNews, Kamis (4/11/2021).

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja atau yang biasa disapa dr Ade, menjelaskan berdasarkan data kepolisian pada 2011, mengantuk menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas nomor satu.

Menurutnya, rasa kantuk pada dasarnya timbul bukan karena berkendara. Saat sibuk, kantuk cenderung tidak terasa. Namun saat melakukan aktivitas monoton seperti menyetir, barulah kantuk muncul ke permukaan. Sementara kantuk disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang tidur atau hipersomnia.

"Begitu orang aktivitasnya monoton, kantuknya langsung muncul. Aktivitas yang monoton itu salah satunya adalah berkendara memang," terang dr Ade saat dihubungi detikcom, Kamis (4/11/2021).

"Sekarang apa yang menyebabkan kantuk? Yang menyebabkan kantuk? Satu, kurang tidur. Tapi yang kebanyakan adalah hipersomnia namanya. Artinya adalah kantuk berlebih. Jadi orang tidurnya sudah lebih tapi masih mengantuk," jelasnya.

Ia menegaskan, menyetir dalam kondisi mengantuk lebih berbahaya daripada mabuk. Hal nomor satu, jika mengantuk, jangan berkendara.

Kepada pasien-pasien yang mendengkur atau mengorok saat tidur, dr Ade melarang berkendara sebelum diketahui ada atau tidak adanya gangguan pernapasan, atau sudah dijalankan perawatan lebih lanjut. Mengapa?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "TOP 5: Sopir Vanessa Angel Jadi Tersangka, Indonesia Masuk Zona Hijau"
[Gambas:Video 20detik]