ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 11:20 WIB

Kecelakaan Maut Tewaskan Vanessa Angel, dr Tirta Ingatkan Bahaya Microsleep!

Ayunda Septiani - detikHealth
dr Tirta Mandira Hudhi dr Tirta singgung bahaya microsleep saat berkendara. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta -

Dokter sekaligus influencer, Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta, menyinggung soal bahaya microsleep pada kejadian kecelakaan Vanessa Angel dan suami.

"Bagi orang yang rutin menggunakan Tol Trans Jawa terutama Cipali sejak zaman brexit, tentu hal yang terjadi pada kecelakaan ini sangat membuat gue deg-degan," jelas dr Tirta dalam postingannya, setelah dikonfirmasi detikcom, Jumat (5/11/2021).

"Buat lo yg mau nyetir, pelajari microsleep. Materi ini sudah dijelaskan berkali-kali sejak dulu, oleh senior gue, teman sejawat gue, dan bahkan gue juga ikut jelasin. Makanya dibuat rest area di jalan tol, biar ga kejadian microsleep," tambahnya.

Selain itu, dr Tirta menyebutkan jika musibah bukan hanya takdir, tetapi harus diperhatikan pula bagaimana pengemudi mengalami microsleep dan batas dari kecepatan maksimal apakah pengemudi melanggar atau tidak.

"Inget. Ngebut itu cuma motong waktu 1 jam , mending rehat kalo capek, ada keluarga yg lu anter, ada keluarga nunggu lu d rumah, ada keluarga lain yg menggunakan jalan itu juga," sambung dr Tirta.

Apa sih yang dimaksud dengan microsleep seperti yang disebut dr tirta?

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja atau kerap disapa dr Ade menjelaskan, microsleep terjadi karena otak memasuki kondisi fisik istirahat dalam kondisi tubuh masih terjaga. Kondisi ini biasanya timbul ketika seseorang dalam kondisi kelelahan sehingga otaknya tertidur sembari matanya masih terbuka.

"Microsleep adalah di mana keadaan seseorang dalam keadaan terkantuk-kantuk. Contohnya nih saat berkendara, dia beberapa kali tidur terus kebangun, Nah ini sudah bahaya sekali, di sini sebagian otaknya sudah tertidur, sangat bahaya bagi keselamatan di jalan," jelas dr Ade.

Simak video 'Vanessa Angel dan Bibi: Kecelakaan, Duka dan Akhir Bersama':

[Gambas:Video 20detik]



(ayd/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT