ADVERTISEMENT

Jumat, 05 Nov 2021 15:04 WIB

Roy Suryo Tak Yakin Sopir Vanessa Angel Ngantuk, Lebih Mungkin Microsleep

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Tetangga mendiang Vanessa Angel ikut angkat bicara soal kecelakaan maut yang terjadi di tol arah Jombang, arah Surabaya. Roy Suryo meragukan pernyataan Tubagus Joddy sebagai sopir yang mengaku dalam kondisi mengantuk saat berkendara.

Menurut Roy, Joddy sempat mengunggah Instastory 44 menit sebelum kecelakaan maut terjadi, dalam kondisi mengemudi dengan kecepatan tinggi. Jika dirinya dalam kondisi mengantuk, seharusnya kecepatan berkendara malah sebaliknya.

"Nah kalau saya hitung astagfirullah kecepatannya cukup tinggi 159 km per jam, itu rata-rata. Bisa jadi suatu saat bisa lebih dari 170 atau 180," beber dia saat menyambangi proses pemakaman almarhumah Vanessa Angel dan almarhum Bibi, Jumat (5/11/2021).

Ia mencoba menyimpulkan dua kemungkinan yang dialami pengemudi dalam kecelakaan maut Vanessa Angel dan suami. Kemungkinan pertama adalah kelelahan dan mengalami microsleep.

"Ada yang mungkin mengatakan fatigue itu blank di tengah jalan karena yang namanya microsleep jadi dia tiba-tiba blank karena capek di tengah jalan," kata dia.

"Atau dia karena sedang memegang handphone dan itu sudah terbukti karena di sempat mengunggah 44 menit sebelum kecelakaan itu menjadi fatal," sambungnya.

Di sisi lain, ia juga mengaku bersedia jika dimintai keterangan polisi terkait unggahan Tubagus Joddy yang kemudian dihapus. Ia kembali menegaskan jika dirinya meragukan keterangan sopir yang sedang mengantuk saat berkendara.

"Saya menyatakan meragukan keterangan dari Tubagus Joddy yang mengatakan dia mengantuk, kalau mengantuk itu kecepatannya pelan," pungkas dia.

(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT