Jumat, 05 Nov 2021 18:01 WIB

Nyeri Perut Dikira Menopause, Ibu Ini Meninggal Digerogoti Kanker Pankreas

Vidya Pinandhita - detikHealth
Close up hand of elderly patient with intravenous catheter for injection plug in hand during lying in hospital ward room Foto: iStock
Jakarta -

Joanne Eales, wanita asal Inggris mengira sederet gejala yang dialaminya adalah tanda-tanda bakal menopause karena usianya. Rupanya, ia mengidap kanker pankreas stadium empat. Sempat berobat dan divonis punya sisa hidup 3 sampai 6 bulan, Joanne meninggal dunia pada April lalu.

Chelsea Bennett, anak dari Joanne yang kini berusia 27 tahun menyebut sang ibu mulai mengalami gejala pada Februari 2020, beberapa waktu sebelum lockdown akibat COVID-19 berlangsung.

"Itu dimulai dengan sakit perut dan punggung ringan dan kemudian dia mengalami sedikit perubahan dalam kebiasaan buang air besar," jelas Chelsea, dikutip dari Mirror News UK, Jumat (5/11/2021).

"Dia berpikir 'mungkin karena usia saya' karena mulainya menopause. Ibu mengira itu hanya salah satu dari hal-hal itu. Dia masih menjalani kehidupan normal dan melakukan hal-hal normal," sambungnya.

Namun lantaran kondisinya tak kunjung membaik, Joanne akhirnya melakukan pemeriksaan CT scan. Joanne sempat terkendala lantaran National Health Service (NHS) di Inggris sedang di bawah tekanan massal akibat pandemi.

Joanne kemudian divonis menderita kanker pankreas stadium empat, dan diberitahu bahwa tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengobati dirinya. Dia menjalani kemoterapi paliatif dan disebut memiliki sisa waktu hidup tia sampai enam bulan.

Menurut Chelsea, sampai sepekan sebelum meninggal dunia, ibunya masih sanggup beraktivitas dengan bersemangat. Ia masih rajin merias kuku, serta menemani Chelsea dan anak-anaknya sepanjang malam. Lantaran menjadi anak tunggal, Chelsea merasa sang ibu punya peran yang amat besar untuk menjadi tempatnya berbagi cerita.

Sembari masih berdamai dengan kehilangannya, Chelsea mendukung kampanye kesadaran nasional baru oleh Pancreatic Cancer UK. Ia menegaskan, kanker pankreas perlu diwaspadai setiap orang lantaran kanker ini mematikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kanker Serviks, Kanker Reproduksi Wanita yang Bisa Dicegah"
[Gambas:Video 20detik]