Sabtu, 06 Nov 2021 14:37 WIB

Doctor's Life

Cucu Pendiri Mustika Ratu Jadi Dokter Kecantikan, Ini Pesan 'Mahal' Sang Eyang

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sebagai cucu seorang pendiri bisnis kosmetika legendaris, dr Kusuma Puteri punya pandangan sendiri soal kecantikan. Sekaligus jadi motivasi untuk jadi dokter. Dokter kecantikan Kusuma Puteri, cucu dari pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth
Jakarta -

Cemerlang pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo, menurun kental ke cucu perempuannya, dr Kusuma Puteri, yang kini memilih jalan hidup sebagai dokter kecantikan. Bercita-cita menyehatkan wanita dari luar dan dalam, apa yang dipetik dr Puteri dari sosok eyang Mooryati Soedibyo?

"Sepanjang aku sekolah kedokteran, selain aku belajar teori, aku juga belajar soal empati kepada pasien. Aku melihat di kecantikan kamu nggak hanya fokus terhadap fisik luar, tapi kamu juga fokus terhadap kesehatan dalam. Dalam artian kepercayaan diri, kesehatan mental," kata dr Puteri saat ditemui detikcom di tempatnya berpraktik, Ambrosia Klinik dan Estetik, Selasa (2/11/2021).

"Aku merasa kalau ingin menyembuhkan atau membawa perubahan di hidup pasien, kamu harus memberikan efek yang holistik. Jadi mungkin membuat dia merasa lebih percaya diri, secara luar fisik saat dia ngaca dia merasa 'oh bagus nih'. Dalam hati dia merasa menjadi diri sendiri," lanjutnya.

Ia mengisahkan, tak pernah ada paksaan dari keluarga untuknya menjadi dokter. Keputusan untuk menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Pelita Harapan pada 2014 adalah murni pilihan hidupnya, dengan semangat dan dorongan dari keluarga, termasuk sang eyang Mooryati Soedibyo.

"Hal ini yang diajarkan sama eyangku sejak kecil. Kamu harus belajar setinggi-tingginya, punya mimpi setinggi bintang. Pokoknya, mimpi kamu harus tinggi banget. Itu yang aku pegang sampai sekarang. Bahkan eyangku pun di usia senja sudah S3. Sampai sekarang pun setiap ketemu eyang selalu nanya, jadi habis ini mau sekolah apa?" jelas dokter berusia 25 tahun tersebut.

Di mata dr Puteri, kegigihan sang eyang adalah inspirasi besar bagi dirinya sebagai perempuan. Mengingat, Mustika Ratu yang berdiri hingga kini dirintis sosok Mooryati Soedibyo dengan pengorbanan dan kerja keras, dimulai dari berdagang di garasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Target Kesehatan Mental di Indonesia: ODGJ Berat Dapatkan Pelayanan "
[Gambas:Video 20detik]