ADVERTISEMENT

Sabtu, 06 Nov 2021 19:01 WIB

Benarkah Pasien Kanker Prostat Tak Bisa Ereksi? Dokter Beberkan Faktanya

Astika - detikHealth
Manfaat Minum Kopi, Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker tersering yang menyebabkan kesakitan dan kematian pada laki-laki, terutama untuk mereka dengan usia di atas 50 tahun.

Karakteristik kanker prostat sering tidak menunjukkan gejala apapun di masa stadium awal, sehingga banyak pasien di Indonesia bahkan mencapai 60 persen yang datang ke dokter saat sudah alami stadium lanjutan.

Kesulitan mendeteksi di awal dan jumlah kasus yang semakin meningkat menyebabkan banyak sekali informasi yang beredar di masyarakat terkait penyakit ini. Salah satunya adalah anggapan bahwa pasien kanker prostat tidak bisa melakukan ereksi lagi.

Menanggapi isu tersebut, dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU (K), PhD, speasialis urologi dari RS Siloam Hospital Asri mengatakan bahwa pasien kanker prostat tak bisa ereksi adalah mitos.

"Tidak ada hubungan langsung antara kanker prostat dengan ketidakmampuan melakukan ereksi," Ungkap dr. Agus, dalam program eLife detikcom (05/11/2021).

Ia menambahkan memang ada beberapa kondisi khusus yang dapat menyebabkan gangguan ereksi dialami oleh pasien kanker prostat, namun hal itu tidak berhubungan secara langsung dengan penyakitnya.

"Ada beberapa tindakan yang bisa sebabkan gangguan ereksi. Misal, kanker prostat stadium lanjutan yang sudah menjalar ke syaraf dan harus dioperasi (dipotong) syarafnya maka bisa sebabkan gangguan ereksi. Kemudian, obat-obatan untuk kanker prostat stadium lanjut dapat menekan hormon testosteron sehingga libido laki-laki kan menurun," imbuhnya.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(Astika/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT