Sabtu, 06 Nov 2021 19:56 WIB

Sopir Vanessa Angel Ngaku Main HP, Ingat Pesan Roy Suryo!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Roy Suryo menghadiri pemakaman Vanessa Angel (Nahda Rizki Utami/detikcom). Foto: Roy Suryo menghadiri pemakaman Vanessa Angel (Nahda Rizki Utami/detikcom).
Jakarta -

Polda Jawa Timur menyebut orang yang mengemudi mobil Vanessa Angel saat terjadi kecelakaan maut, Tubagus Joddy, sempat bermain handphone sebelum kecelakaan terjadi. Hal tersebut disampaikan usai interogasi dari pihak kepolisian.

"Iya (sempat bermain handphone), katanya begitu saat diinterogasi," kata Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jatim Kompol Hendry Ferdinan Kennedy seperti dilansir Antara, Sabtu (6/11/2021).

Pihak kepolisian kemudian menyita handphone dan alat bukti elektronik milik Joddy yang kini sedang diajukan untuk pemeriksaan forensik. Lebih lagi, Kennedy juga menyebut Joddy mengendarai mobil tersebut dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam.

Pakar telematika Roy Suryo sempat menyampaikan analisisnya terkait kecelakaan maut yang menimpa Vanessa Angel dan suami, Bibi Ardiansyah.

Menurutnya, Joddy mengunggah Instagram Stories 44 menit sebelum kecelakaan tersebut terjadi dalam keadaan mobil melaju berkecepatan tinggi. Roy menyinggung bahaya main handphone saat mengemudi mobil, termasuk soal selfie dan mengambil gambar sembari menyetir.

"Yang bersangkutan (Joddy) kenapa harus mengunggah di Instastories dan kenapa harus menghapus? Ketika mengunggah di Instagram itu di km 155 itu sampai titik kejadian di km 672 itu hanya 44 menit. Dalam 44 menit, mencapai lebih dari 130 kilo itu kecepatannya luar biasa," ujarnya saat ditemui di proses pemakaman Vanessa Angel dan Bibi, Jumat (5/11/2021).

"Dan kita tahu SUV seperti Mitsubishi Pajero bukan dirancang dengan kecepatan lebih dari 150 km per jam. Jadi tentu ini kita tunggu Analysis Traffic Accident dari kepolisian," sambungnya.

Pun seorang pengemudi ingin mengambil gambar saat menyetir, Roy menyarankan penggunaan alat yang sesuai. Tak lain dengan Car Digital Video Recorder (CDVR) yang dapat merekam baik dari dalam atau luar mobil.

"Sekali lagi moga-moga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, tolong kalau mau ber-selfie pakailah peralatan yang benar. Berselfie di mobil pakailah yang namanya CDVR. CDVR itu Car Digital Video Recorder yang biasa dipasang di spion" ucap Roy.

"Jangan sekali lagi mengambil gambar handphone meskipun itu foto dengan menggunakan tangan, apa lagi dari dalam mobil," pungkasnya.

Simak video 'Mertua Vanessa Angel: Jika Sopir Terbukti Lalai Harus Dihukum':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)