Minggu, 07 Nov 2021 18:03 WIB

Festival Musik di Texas Berujung Maut, Petugas Keamanan Disuntik Opioid

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Membludaknya penonton yang hadiri festival musik Astroworld di AS berujung maut. Sebanyak 8 orang dilaporkan tewas akibat berdesakan di konser musik itu. Festival musik di Texas, Amerika Serikat, yang berujung maut. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sebuah festival musik Astroworld Travis Scott di Houston, Texas, berujung maut. Insiden tersebut menyebabkan delapan orang meninggal dunia dan 300 orang terluka.

Tak hanya itu, seorang penjaga keamanan di lokasi festival tersebut juga disuntik dengan opioid di bagian lehernya. Hal ini menyebabkan penjaga keamanan pingsan.

Kepala Polisi Houston Troy Finner mengatakan petugas tersebut langsung ditangani oleh tim medis. Petugas tersebut harus diberikan obat Narcan, yang biasanya digunakan untuk seseorang yang mengalami overdosis opioid, termasuk heroin.

"Polisi mengetahui bahwa ada seorang penonton konser yang menyuntikkan obat-obatan kepada penonton lain," kata Finner pada wartawan yang dikutip dari Metro UK, Minggu (7/11/2021).

Sebelum disuntik, Finner mengatakan petugas tersebut sempat menahan seorang penonton. Tak lama setelah itu, si petugas keamanan merasakan ada tusukan di lehernya.

Akibatnya, petugas keamanan tersebut langsung pingsan. Para staf medis di lokasi melihat adanya bekas tusukan jarum suntik di bagian lehernya.

Apa itu opioid?

Dikutip dari laman Hopkins Medicine, opioid merupakan golongan obat yang secara alami ditemukan di tanaman opium poppy. Obat ini akan bekerja di otak untuk menghasilkan berbagai efek, termasuk menghilangkan rasa sakit. Opioid ini juga bisa disebut sebagai obat penghilang rasa sakit atau heroin.

Opioid ini membuat sebagian orang merasa rileks, bahagia, 'melayang', dan ketagihan. Efek samping dari obat ini bisa membuat pernapasan melambat, sembelit, mual, kebingungan, hingga kantuk.



Simak Video "Kemenkes: Viral Suntikan Kosong di Jakut Tengah Ditangani Dinkes"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)