COVID-nya Nggak Konsisten, RI Buka Peluang Tes PCR Lagi untuk Perjalanan

ADVERTISEMENT

Round Up

COVID-nya Nggak Konsisten, RI Buka Peluang Tes PCR Lagi untuk Perjalanan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 09 Nov 2021 06:22 WIB
Presiden Joko Widodo meminta penurunan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu. Kemenkes menyatakan akan mengecek terlebih dahulu dan melakukan perhitungan.
Tes PCR (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kerap berubahnya aturan soal tes PCR sebagai syarat perjalanan banyak disorot. Pemerintah saat ini tengah mengevaluasi, dan membuka kemungkinan diterapkannya lagi syarat tes PCR.

"Kita sedang mengevaluasi apakah nanti penahanan mobilitas penduduk ini akan kita terapkan kembali pelaksanaan dari PCR itu sedang kami kaji," kata Luhut Binsar Pandjaitan, koordinator PPKM Jawa-Bali, dalam konferensi pers, Senin (8/11/2021).

Luhut menegaskan, aturan kerap berubah karena memang memperhitungkan pergerakan manusia dan kenaikan kasus. Segala kebijakan diklaim telah ditetapkan berdasarkan science.

"Kita melihat dengan cermat. Kita melihat perubahan perilaku daripada virus COVID-19 yang sekarang juga indikasi varian delta plus yang ada di Malaysia, semua kita cermati dengan baik, dan itu juga berasal dari UK," pungkas dia.

Kami sangat konsisten. Yang tidak konsisten adalah penyakitnyaLuhut Binsar Pandjaitan - Koordinator PPKM Jawa-Bali

Salah satu ancaman yang saat ini diwaspadai adalah varian Delta AY.4.2 yang sudah ada di Singapura dan Malaysia. Tidak menutup kemungkinan, aturan karantina akan kembali dinaikkan menjadi 7 hari.

"Saya mohon teman-teman di luar jangan punya pikiran sanksi ini tidak konsisten pemerintah. Jauh dari itu. Kami sangat konsisten. Yang tidak konsisten adalah penyakitnya," tegas Luhut.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT