ADVERTISEMENT

Selasa, 09 Nov 2021 15:30 WIB

4 Vaksin Corona Buatan RI Bakal Segera Diproduksi, Ada Vaksin Merah Putih!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi massal di Tangerang terus dilakukan. Vaksinasi COVID-19 kini sasar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan individu berkebutuhan khusus (IBK). Deretan vaksin COVID-19 yang bakal diproduksi di Indonesia. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K Lukito, mengungkapkan ada empat kandidat vaksin COVID-19 yang bakal diproduksi di dalam negeri. Produksi vaksin-vaksin ini diprediksikan bisa dimulai pada 2022 mendatang.

"Saat ini ada empat yang kemungkinan menuju pada produksi dalam negeri dan sudah terlihat ada progresnya," kata Penny dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, Senin (8/11/2021).

Berikut empat kandidat vaksin COVID-19 yang bisa melakukan uji klinis dan bakal diproduksi massal di dalam negeri.

Vaksin Merah Putih (Unair)

Vaksin COVID-19 pertama yaitu vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (Unair). Kini vaksin tersebut sudah memasuki tahap kedua uji praklinis. Bibit vaksin sudah siap dan telah diserahkan ke PT Biotis.

Penny mengatakan vaksin tersebut sudah masuk dalam uji klinis fase pertama yang akan dimulai pada bulan Desember 2021. Untuk uji klinis fase 2 dan 3, diperkirakan bisa dilaksanakan secara bersamaan sekitar bulan Januari-Februari 2022 mendatang.

"Harapannya, izin penggunaan darurat (EUA) bisa keluar sekitar bulan Mei atau Juni 2022, hingga produksi atau komersialisasi bisa Juni atau Juli 2022," jelas Penny.

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan Baylor Medical College

Vaksin COVID-19 selanjutnya adalah vaksin BUMN yang dikembangkan oleh Baylor Medical College. Penny mengatakan vaksin ini baru saja menyelesaikan uji praklinis keduanya.

Penny mengungkapkan vaksin COVID-19 berplatform rekombinan protein sub unit ini tengah menuju fase pertama uji klinis. Itu diperkirakan bisa dilaksanakan pada bulan Desember 2021.

"Dalam waktu dekat, diharapkan EUA bisa terbit Juni dan produksi sekitar Juli 2022," kata dia.

Ada dua vaksin COVID-19 lainnya yang bakal diproduksi tahun depan. Klik ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tantangan Peneliti Unair dalam Kembangkan Vaksin Merah Putih"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT