Kamis, 11 Nov 2021 16:30 WIB

Masih Merah, Anak Ini Dapat Rekor Bayi Paling Prematur Sedunia

Firdaus Anwar - detikHealth
Bayi yang lahir paling prematur sedunia. Foto: BBC/University of Alabama at Birmingham
Jakarta -

Seorang anak dari Alabama, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai bayi paling prematur sedunia. Curtis Means lahir saat usianya dalam kandungan baru 21 minggu dengan berat badan hanya 420 gram.

Lembaga pencatat rekor dunia Guinness World Records telah mengonfirmasi Curtis yang kini berusia hampir 1,5 tahun sebagai pemegang rekor.

Ibu dari Curtis, Michelle Butler, sebenarnya melahirkan anak kembar pada 4 Juli 2020. Hanya saja salah satu anak Michelle tidak sanggup bertahan hidup dan meninggal dunia keesokan harinya.

Hanya Curtis yang sanggup bertahan selama 275 hari di ruang perawatan rumah sakit. Terapis perlu memberi Curtis latihan cara bernapas dan menggunakan mulut untuk makan.

"Sampai akhirnya bisa membawa Curtis pulang dan mengejutkan anak saya yang lebih tua dengan adiknya adalah sebuah momen yang tidak bisa saya lupakan," ungkap Michelle seperti dikutip dari BBC, Kamis (11/11/2021).

Bayi yang lahir paling prematur sedunia.Bayi yang lahir paling prematur sedunia. (Foto: BBC/University of Alabama at Birmingham)

Pemegang rekor bayi prematur dunia sebelumnya adalah Richard Hutchinson yang lahir dalam kondisi usia kandungan 21 minggu 2 hari.

Usia kehamilan yang normal pada umumnya berlangsung selama sekitar 40 minggu. Bayi dikatakan prematur ketika lahir sebelum minggu ke-37 usia kehamilan.

Bayi yang lahir prematur lebih berisiko menghadapi komplikasi karena tubuhnya belum berkembang dengan sempurna.



Simak Video "Heboh Nakes Bikin Konten Uyel-uyel Pipi Bayi hingga Nangis"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)