Jumat, 12 Nov 2021 08:58 WIB

Rony Dozer Mengeluh Kolesterol Tinggi Sebelum Meninggal, Apa Gejalanya?

Astika - detikHealth
Rony Dozer Rony Dozer. (Foto: (YouTube))
Jakarta -

Artis Rony Dozer meninggal dunia. Sebelumnya, ia dikabarkan sempat mengeluhkan sesak napas dan saat diperiksa ternyata kadar kolesterolnya tinggi.

"'Iya gue lagi nggak enak badan, semalem tuh gara-gara makan (masakan) Padang gitu, kolesterol gue naik,' katanya gitu," ungkap Rency Milano menirukan pernyataan Rony Dozer saat dihubungi wartawan, Kamis (11/11/2021).

Biasanya, kadar kolesterol yang tinggi terjadi saat nilai kolesterol total seseorang lebih dari 240 mm/dL.

Walaupun sebenarnya tidak ada tanda khas jika terjadi kenaikan kadar kolesterol, namun, gejala berikut sering dikeluhkan saat seseorang alami kenaikan kolesterol. Berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber.

1. Nyeri di leher belakang (tengkuk)

Meskipun keluhan nyeri bisa disebabkan banyak hal. Namun, hal ini bisa dikaitkan dengan terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah leher sehingga peredarah darah menjadi tidak lancar.

Hal yang patut diwaspadai adalah lemak yang menumpuk tersebut berubah menjadi plak dan mempersempit pembuluh darah di sekitarnya.

2. Nyeri di bagian dada dan sesak napas

Nyeri pada area dada bisa disebabkan karena kadar kolesterol terlalu tinggi sehingga terjadi penumpukan plak di pembuluh darah jantung dan menghambat aliran darah. Selain itu, kolesterol tinggi juga bisa sebabkan pasien alami sesak napas.

Meskipun keluhan ini umum terjadi, namun harus diwaspadai karena jika terjadi sumbatan total pada pembuluh darah dapat akibatkan serangan jantung.

3. Tekanan darah tinggi

Adanya kolesterol dalam jumlah yang tinggi dalam pembuluh darah dapat akibatkan peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi jika di atas 140/90 mmHg.

4. Mudah merasa lelah

Kadar kolesterol yang tinggi dan adanya pembentukan plak dapat akibatkan berkurangnya aliran darah ke jaringan tubuh. Padahal, darah berfungsi untuk mengangkut sumber makanan untuk sel-sel. Jika fungsi ini terganggu, maka sel akan kekurangan energi dan tubuh menjadi mudah lelah.

5. Obesitas

Menurut Journal of the American Heart Association, seseorang yang mengidap obesitas biasanya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Atau dalam kata lain, berat badan memiliki hubungan langsung dengan faktor risiko kolesterol tinggi.



Simak Video "Hati-hati Kolesterol Naik! Perhatikan Tips Mengonsumsi Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)