Jumat, 12 Nov 2021 13:00 WIB

Kolesterol Tinggi yang Dikeluhkan Rony Dozer Bisa Picu Serangan Jantung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rony Dozer saat ditemui di studio Trans TV. Artis Rony Dozer meninggal dunia. (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Komedian Extravaganza Rony Dozer dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021) kemarin. Diketahui ia meninggal usai mengalami serangan jantung.

Sebelum meninggal, Rony juga sempat mengeluhkan kolesterolnya yang tinggi. Hal ini diungkapkan sahabatnya, Rency Milano.

"'Iya gue lagi nggak enak badan, semalem tuh gara-gara makan (masakan) Padang gitu, kolesterol gue naik,' katanya gitu," ungkap Rency Milano menirukan pernyataan Rony Dozer.

"Terus siapa yang jaga?', 'Nggak ada yang jaga sih, tetangga,' katanya gitu. Aku sudah ada feeling kayaknya Rony parah deh sakitnya, makanya ada yang aneh," tukasnya.

Kolesterol yang tinggi merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Sebab, itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat serius, salah satunya serangan jantung seperti yang dialami Rony Dozer ini.

Lalu, bagaimana kolesterol tinggi bisa menyebabkan serangan jantung?

Jumlah kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah, bisa menyebabkan terbentuknya lemak di dinding arteri dan memicu terjadinya proses yang disebut aterosklerosis.

Dikutip dari Very Well Health, kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan agresif pada aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh. Plak lemak yang terbentuk itu bisa menjadi gumpalan yang menyumbat pada sebagian atau seluruh aliran darah, dan membuat suplai darah ke jantung terganggu.

Akibatnya, tak hanya meningkatkan tekanan darah, kondisi ini bisa memicu terjadinya serangan jantung. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kolesterol tinggi, seperti:

  • Melakukan olahraga dengan teratur, misalnya aerobik. Ini bisa sangat membantu dalam mencegah kadar kolesterol meningkat lebih jauh.
  • Mengkonsumsi makanan rendah lemak. Selain membantu menurunkan berat badan, ini juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Makanan yang dikonsumsi bisa berupa sayuran dan buah-buahan.
  • Berhenti merokok. Selain berbahaya untuk paru-paru, merokok juga bisa memicu munculnya penyakit pada jantung.
  • Mengurangi stres. Dengan cara ini, bisa membantu menjaga kadar kolesterol dan jantung tetap sehat.


Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)