Sabtu, 13 Nov 2021 17:21 WIB

Dari Obat Sampai Suplemen, Kalbe Farma Siapkan Berbagai Terapi COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Ahli memprediksi COVID-19 sudah sulit dimusnahkan dan di masa depan akan terus beredar. Oleh karena itu berbagai penelitian di dunia medis terus berjalan demi mendapatkan terapi atau obat COVID-19 yang lebih baik.

Di Indonesia, PT Kalbe Farma menanggapi dengan menyiapkan berbagai bentuk terapi COVID-19 yang kini sudah masuk dalam tahap uji klinis. Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius menjelaskan pihaknya sedang 'menggodok' obat COVID-19 GX-17, terapi stem cell (sel punca), dan suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh.

GX-17 diketahui merupakan obat imunoterapi yang dikembangkan oleh Genexine, perusahaan farmasi Korea Selatan. Pada Desember 2020 Kalbe Farma bekerja sama dengan Genexine, membantu mengembangkan obat GX-17 lewat proses uji klinis fase dua.

Sementara untuk teknologi stem cell sampai saat ini baru bisa dimanfaatkan di lingkungan klinik Kalbe Farma saja.

"Kita juga ada bukan untuk mengobati, tetapi preventif, jahe merah untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Ini sedang berjalan melewati masa uji klinis," kata Vidjongtius dalam diskusi daring bersama detikcom pada Jumat (12/11/2021).

"Ini akan berkembang terus karena Kalbe akan selalu menjajaki berbagai kolaborasi untuk mendapatkan produk-produk baru," pungkasnya.



Simak Video "Pfizer Klaim Obat Covid-19 Buatannya Turunkan Rawat Inap-Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)