China Rilis Kabar Petenis yang Terlibat Skandal Seks dengan Eks Wakil PM

ADVERTISEMENT

China Rilis Kabar Petenis yang Terlibat Skandal Seks dengan Eks Wakil PM

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 18 Nov 2021 10:00 WIB
Chinas Peng Shuai reacts during her first round singles match against Japans Nao Hibino at the Australian Open tennis championship in Melbourne, Australia, Tuesday, Jan. 21, 2020. (AP Photo/Andy Brownbill)
China rilis kabar Peng Shuai terbaru, tetapi diragukan banyak pihak. (Foto: AP/Andy Brownbill)
Jakarta -

Media pemerintah China CGTN belakangan merilis sebuah email yang diduga kabar dari pemain tenis China, Peng Shuai, usai heboh disebut mengalami pelecehan seks dari eks Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli.

Dalam sebuah email, Peng Shuai, petenis terkenal di China tersebut diklaim baik-baik saja. Meski begitu, CEO Asosiasi Tenis Wanita Steve Simon meragukan keaslian email tersebut, ia khawatir akan keselamatan Peng.

"Pernyataan yang dirilis hari ini oleh media pemerintah China mengenai Peng Shuai hanya menimbulkan kekhawatiran saya tentang keselamatan dan keberadaannya," kata Simon dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN.

"Saya sulit percaya bahwa Peng Shuai benar-benar menulis email yang kami terima atau percaya apa yang sebenarnya terjadi, dikaitkan dengannya."

Peng Shuai tak pernah terlihat lagi di depan umum

Simon mendesak Peng Shuai diizinkan berbicara dengan bebas, tanpa paksaan atau intimidasi dari manapun. Tuduhan pelecehan seks yang menimpa dirinya dinilai perlu segera diusut dan dikawal dengan transparan.

Tak hanya Simon, beberapa pihak lainnya khawatir dengan keberadaan Peng. Bintang tenis paling terkenal di China tersebut tak pernah terlihat di depan umum sejak mengaku mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli memaksanya berhubungan seks di rumahnya tiga tahun lalu, menurut tangkapan layar dari unggahan media sosial yang dihapus sejak 2 November.

Postingannya di Weibo, platform mirip Twitter di China, telah dihapus dalam waktu 30 menit setelah dipublikasi, sensor China bergerak cepat untuk menghapus penyebutan tuduhan secara online. Akun Weibo miliknya, yang memiliki lebih dari setengah juta pengikut, masih diblokir dari para pencari di platform tersebut.

Superstar tenis Naomi Osaka termasuk di antara atlet top terbaru yang menyuarakan keprihatinan untuk Peng.

"Sensor tidak pernah baik-baik saja dengan biaya berapa pun, saya harap Peng Shuai dan keluarganya aman dan baik-baik saja. Saya terkejut dengan situasi saat ini dan saya mengirimkan cinta dan cahaya untuknya," kata Osaka, dalam sebuah pernyataan Twitter pada hari Selasa dengan menyertakan #WhereIsPengShuai.

Seperti apa pernyataan yang diklaim berasal dari Peng Shuai? Rilis media pemerintah China bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Usai Bertemu Xi Jinping, Biden Tegaskan Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT