Jumat, 19 Nov 2021 18:35 WIB

Kisah Pekerja yang Jadi Pembersih di Lokasi Penularan COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bersih-bersih hotel Foto: Getty Images/iStockphoto/Ilya Ginzburg
Jakarta -

Pembersihan berkualitas tinggi adalah kunci untuk melindungi semua orang dari risiko terpapar COVID-19. Tapi bagaimana jika kamu adalah orang yang harus membersihkan lokasi tempat penularan COVID-19?

Seorang pemilik jasa kebersihan asal Melbourne, Australia menceritakan pengalamannya saat membersihkan lokasi yang menjadi tempat penularan COVID-19.

Sam Kahandawala, adalah seorang pemilik bisnis cleaning yang terdampak pandemi. Sebelum COVID-19, ia memiliki banyak kontrak dengan perusahaan, klub malam, sampai tempat bermain golf. Namun adanya pandemi membuat usahanya terhenti.

Jika awalnya ia memiliki banyak karyawan, saat pandemi banyak pekerjanya yang harus pindah dan pulang ke negara asal. Pendapatannya pun turun drastis sampai akhirnya ia menerima tawaran membersihkan tempat yang terekspos COVID-19.

"Menjadi petugas pembersih sering dipandang sebagai pekerjaan yang orang tidak mau melakukannya, tetapi sebenarnya penting. Tanpa petugas pembersih, kadang bisnis tidak bisa berjalan, apalagi sekarang di tengah pandemi," katanya kepada ABC News.

Apa yang dilakukan di lokasi terekspos COVID?

Sam mengatakan mereka bekerja dalam tim beranggotakan lima orang dan diperlukan empat sampai lima jam untuk membersihkan satu lokasi. Setiap 45 menit sekali, mereka beristirahat selama 10 menit karena mengenakan APD dan membuat pergerakan sulit.

"Bahan kimia pembersih yang direkomendasikan oleh pemerintah Australia sangatlah keras. Bahan kimia mengandung bahan lebih keras dari bahan yang biasanya digunakan membersihkan gedung perkantoran atau pub," kata Sam.

Mereka memiliki 10 tim yang bekerja di Melbourne, dan semua bekerja di tempat yang khusus. Mereka bekerja sebagai pembersih biasa tidak bisa bertugas melakukan pekerjaan terkait dengan COVID-19.

Sam juga memiliki karyawan yang bekerja di zona merah COVID-19. Begini tugas karyawan kebersihan yang bekerja di zona merah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "DKI Jakarta Peringkat 47 Kota Respons Covid-19 Terbaik Dunia"
[Gambas:Video 20detik]