Selasa, 23 Nov 2021 14:32 WIB

Fenomena FOMO di Balik Tren 'Add Yours' di IG, Kedok Penipuan Rp 35 Juta

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Heboh curhat seorang wanita yang mengaku temannya menjadi korban penipuan lantaran latah ikut-ikutan challenge 'Add Yours: Variasi Nama Panggilan Kamu'. Nasib nahas, sang teman tertipu hingga 35 juta rupiah.

"Dia tertipu sampai 35 juta, karena dia pikir itu kakak dari ibunya," jelas Dita Moechtar yang mengaku temannya tak bisa mengenali suara tersebut adalah seorang penipu.

Temannya disebut langsung percaya dan mentransfer sejumlah uang lantaran penipu mengenali nama panggilan yang hanya diketahui keluarga. Ia sebelumnya tak sadar jika nama panggilan ini disebar di Instagram, saat mengikuti challenge tersebut.

Teman Dita yang berdomisili di Bandung hanya bisa pasrah karena tertipu puluhan juta rupiah. Sang korban sama sekali tidak melapor polisi.

"Nggak lapor polisi. Yasudah (pasrah) saja," sambung Dita, saat dikonfirmasi detikcom Selasa (23/11/2021).

Karenanya, Dita mengunggah kronologi kejadian sang korban untuk menjadi pelajaran bersama agar tidak asal membagikan data pribadi di media sosial. Pelaku bisa saja melakukan aksinya kepada lebih banyak orang.

Apa itu FOMO?

Fomo merupakan fenomena di mana seseorang merasa takut ketinggalan dengan sesuatu yang dimiliki orang lain. Seperti, takut tidak paham soal apa yang tengah terjadi, dikucilkan, atau iri terhadap hal yang dialami orang lain.

"Namanya 'Fear of Missing Out', bisa saja disertai rasa takut mereka nggak mengalami. Kok orang lain kelihatannya bisa having fun, bisa menjalani hidupnya dengan lebih happy? Kalau aku nggak mengalami, nggak bisa having fun dong?" kata psikolog klinis & Co-Founder Ohana Space, Kantiana Taslim.

(naf/up)