Selasa, 23 Nov 2021 21:16 WIB

6 Obat Sariawan Ampuh dari Bahan Alami, Tersedia di Dapur dan Kamar Mandi

Akbar Malik - detikHealth
Sariawan tanda penyakit lain Obat sariawan ampuh (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kehadiran sariawan pasti sangat mengganggu. Ketika akan makan, luka sariawan pasti memberontak. Begitu pula ketika hendak berbicara, perihnya pasti terasa. Kalau sudah begitu, mencari obat sariawan yang ampuh adalah solusi.

Obat sariawan yang ampuh pada setiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang aktif langsung membeli obat sariawan di apotek, ada pula yang mendiamkannya tanpa diberi obat karena yakin akan hilang sendiri.

Di samping itu, penyebab sariawan bisa beragam, mulai dari kurangnya vitamin dan mineral, respons terhadap bakteri di mulut, hingga sensitif terhadap makanan asam.

Agar kita bisa terbebas dari sariawan yang menyakitkan, sebenarnya bahan masakan di dapur bisa dijadikan obat sariawan yang ampuh. Dikutip dari Pharmeasy, berikut lima obat sariawan yang alami dan ampuh untuk menghilangkan sariawan.

1. Madu

Madu memang terkenal memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu sifat yang dimiliki madu adalah anti mikroba yang dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Dengan kandungan yang dimiliki madu, hal itu bisa membantu menghilangkan sariawan.

Cara yang bisa digunakan adalah dengan mengoleskan madu pada bagian sariawan. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai sariawan hilang. Madu yang telah dioleskan tentu bisa tertelan, namun hal itu tidak masalah.

2. Minyak kelapa

Senyawa pada minyak kelapa membuatnya memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi. Hal tersebut sama dengan madu, yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan sariawan secara alami.

Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada permukaan sariawan. Selain berupaya menghilangkan sariawan, minyak kelapa juga dapat mengurangi rasa sakit pada mulut yang disebabkan oleh sariawan.

3. Air garam

Garam memiliki sifat antiseptik yang kuat. Hal itu sudah diketahui oleh banyak orang. Dengan demikian, garam yang dimasukkan ke air hangat dapat menjadi obat sariawan yang ampuh.

Anda tinggal masukkan setengah sendok garam ke dalam air hangat dan menggunakan air tersebut untuk berkumur. Setelah berkumur menggunakan air garam, Anda bisa berkumur dengan air biasa untuk menghilangkan rasa asin di mulut Anda.

4. Pasta gigi

Pasta gigi memiliki sifat anti mikroba. Sebagaimana fungsi utamanya untuk menghilangkan mikroba pada gigi dan mulut, ternyata pasta gigi bisa dijadikan obat sariawan yang ampuh. Bakteri dalam sariawan bisa dibunuh oleh pasta gigi.

Cara menggunakannya adalah Anda hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada sariawan selama beberapa menit. Mungkin akan terasa perih, tapi itu baik untuk kesembuhan Anda. Anda bisa menggunakannya selama sariawan masih bercokol di mulut Anda.

5. Jus jeruk

Semua orang tahu kalau jeruk adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Penelitian mengatakan bahwa kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sariawan. Oleh karena itu, jeruk bisa dijadikan obat sariawan yang ampuh.

Mengonsumsi buah jeruk secara utuh bisa terlalu menyakitkan bagi sebagian orang, maka alternatifnya adalah jeruk disajikan dalam bentuk jus. Dengan jus jeruk, dijamin sariawan Anda akan cepat hilang.



Simak Video "Kabar Baik WHO soal Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)