Jumat, 26 Nov 2021 14:53 WIB

Alhamdulillah, WNI Bisa Masuk Arab Saudi Tanpa Booster Vaksin COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Arab Saudi melonggarkan sejumlah pembatasan COVID-19 di Masjidil Haram-Masjid Nabawi. Dua masjid itu kini boleh berkapasitas penuh bagi warga yang sudah vaksin. Arab Saudi. (Foto: AP Photo/Amr Nabil()
Jakarta -

Arab Saudi akan segera membuka perbatasan untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Per 1 Desember 2021 mendatang, WNI dapat masuk ke Arab Saudi tanpa harus karantina dan tak perlu booster vaksin COVID-19.

"Tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulis dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

Aturan ini menjadi kabar baik bagi WNI yang sudah merindukan kunjungan ke Tanah Suci yang tertunda keberangkatannya di masa pandemi COVID-19. Namun ia mengingatkan warga yang ingin berangkat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang belaku.

"Semoga jemaah Indonesia bisa segera mengobati kerinduannya untuk ke Tanah Suci. Namun, harus disiplin protokol kesehatan sesuai ketentuan Arab Saudi," beber dia.

Selain Indonesia, ada lima negara lainnya yang juga sudah mendapatkan izin masuk ke Arab Saudi. Kelima negara itu adalah Pakistan, Brasil, India, Vietnam, dan Mesir.



Simak Video "Pemerintah Pertimbangkan Vaksinasi Booster Gratis dan Berbayar"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)