Alert! Jadi Variant of Concern Terbaru, WHO Beri Nama B.1.1.529 Varian Omicron

ADVERTISEMENT

Alert! Jadi Variant of Concern Terbaru, WHO Beri Nama B.1.1.529 Varian Omicron

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Sabtu, 27 Nov 2021 05:00 WIB
Jakarta -

Pada Jumat (26/11/2021), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian B.1.1.529 yang diidentifikasi di Afrika Selatan ini dengan nama Omicron. Varian ini jadi jenis varian terbaru dalam kelompok variant of concern (VoC) atau varian yang menjadi perhatian.

Para pakar kesehatan sangat khawatir tentang penularan varian Omicron, yang memiliki konstelasi mutasi yang tidak biasa serta profil yang berbeda dari variant of concern lainnya.

"Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan," kata WHO dalam sebuah pernyataan yang dirilis Jumat, yang dikutip dari CNBC.

"Bukti awal menunjukkan adanya peningkatan risiko infeksi ulang dengan varian ini, dibandingkan dengan VoC lainnya," lanjutnya.

Menurut laporan WHO, dikhawatirkan peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan tempat varian Omicron diidentifikasi, menjadi bukti varian berpotensi besar untuk lolos dari antibodi.

Tak hanya itu, WHO juga melaporkan bahwa jumlah kasus dari varian Omicron ini 'tampaknya meningkat' di hampir semua provinsi di Afrika Selatan.

Dari data yang disajikan saat briefing yang dilakukan pada Kamis (25/11/2021) yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan Afrika Selatan menunjukkan, beberapa mutasi varian Omicron ini berkaitan dengan peningkatan resistensi antibodi, yang dapat mengurangi perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

WHO pun mengatakan pihaknya akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memahami varian Omicron ini. Mulai dari bagaimana varian tersebut bisa berdampak pada diagnostik, terapi, hingga vaksin Corona yang tersedia saat ini.

(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT