Sabtu, 27 Nov 2021 08:00 WIB

Anak Bungsu Oki Setiana Dewi Idap Penyakit Langka, Jalani Operasi di RSCM

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Oki Setiana Dewi Oki Setiana Dewi dan anaknya. (Foto: Instagram @okisetianadewi)
Jakarta -

Anak keempat Oki Setiana Dewi, Sulaiman, sudah menjalani operasi di RSCM pada Kamis (25/11/2021). Anak bungsu dari kakak Ria Ricis tersebut mengidap kondisi langka sejak lahir dengan proses caesar, November 2020.

Karenanya, Sulaiman harus menjalani perawatan di NICU dan rutin observasi. Adalah Prader Willi Syndrome (PWS), kelainan genetik langka yang menyebabkan beberapa masalah pada fisik, mental, maupun perilaku si anak.

Umumnya, kondisi ini disebabkan karena adanya perubahan genetik pada wilayah kromosom 15 dan bisa mengganggu fungsi normal bagian otak yang disebut hipotalamus.

Dikutip dari Mayo Clinic ciri-ciri PWS umumnya memiliki fitur wajah yang berbeda, mata seperti berbentuk almond, penyempitan kepala, bibir atas tipis, dan hingga kurangnya respons terhadap rangsangan.

Kabar baiknya, operasi Sulaiman berjalan lancar.

"Alhamdulillah setelah 2 jam selesai sudah operasinya Sulaiman, Sulaiman sudah sadar juga dan sekarang sedang minum ASI," ujar Oki dalam akun Instagramnya, sambil mengunggah foto dan video kondisi anaknya setelah operasi.

Meski proses operasi sudah selesai, Sulaiman masih terlihat lemas terbaring di kasur. Meski begitu, Oki berterima kasih kepada para tim medis yang sudah merawat Sulaiman.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI.



Simak Video "Mengenal Sindrom Prader-Willi yang Disebabkan Kelainan Genetik"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)